Sumatera Barat

Ikut Menari Piring, Sandiaga Uno: Lebih Mudah Dibanding Politik

Jeka Kampai - detikSumut
Selasa, 05 Jul 2022 22:20 WIB
Sandiaga Uno saat menari piring
Sandiaga Uno saat menari piring (Jeka Kampai/detikSumut)
Pariaman -

Menparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno ditodong ikut menari piring saat bertemu para pelaku Ekonomi Kreatif di ruang pertemuan Balaikota Pariaman, Sumatera Barat.

Sandi yang menerima tantangan dalam Workshop KaTa Kreatif tersebut, menunjukkan kebolehannya dalam gerak tari.

Ia mengajak Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Hariyanto, Ketua DPRD Kota Pariaman, Fitri Nora, Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sumbar, Sari Lenggogeni untuk ikut serta.


Keempat tokoh tersebut kemudian menari dengan piring di tangan masing-masing, mengikuti musik khas Minang yang dimainkan. Pertunjukkan tari piring itu berlangsung lebih dari 10 menit.

Usai mempertontonkan kemampuannya menari piring, Sandi mengaku senang dengan sensasi yang luar biasa.

"Rasanya menari itu, sensasinya luar biasa. Awalnya kaku, tapi lama-lama nggak mau berhenti. Saya sangat menikmati dan ini bisa juga menjadi story telling, bahwa datang ke Kota Pariamanselain menikmati keindahan alam juga diberi kesempatan menikmati produk-produk ekonomi kreatif seperti tari piring tadi," kata Sandi, Selasa (5/7/2022).

Secara berseloroh, mantan Wagub DKI Jakarta itu mengklaim Tari Piring lebih mudah dibanding politik. Politik ribet, sementara (gerakan) tari piring cantik.

"Ternyata tari piring itu lebih mudah dibamding politik. Politik itu ribet, (gerakan) tari piring itu cantik," kata Sandi kepada wartawan.

Kontan, pernyataan itu membuat gelak tawa dari pelaku Ekraf yang juga ada di lokasi. Menurut Sandi, tari piring juga bagian dari Sub sektor seni pertunjukan di Badan Parekraf.

"Sub sektor seni pertunjukan ini diharapkan tetap menjadi daya tarik utama dari sisi ekonomi kreatif pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan. Tapi dari sisi ekonomi kreatifnya," kata Sandi.

Kehadiran program Kabupaten Kota (KaTa) Kreatif, kaya Sandi dimaksudkan untuk mendukung pembangunan ekosistem ekonomi kreatif dari berbagai sisi.

"Segera kami tetapkan Kota Pariaman jadi Kota Kreatif. Kalau dilihat Pariwisata Kota Pariaman sudah maju, tapi ekonomi kreatif juga harus mendukung," katanya.

KaTa Kreatif melakukan program pengembamgan Kabupaten/Kota Kreatif lewat Worlshop dan pendampingan, untuk meningkatkan inovasi dan kewirausahaan pelaku Ekonomi Kreatif di Indonesia.



Simak Video "Aksinya Ditegur Sandiaga Uno, Apa Kata Aliansi Labuan Bajo?"
[Gambas:Video 20detik]
(afb/afb)