Kasat Lantas Cantik dari Aceh Lolos Studi Banding Sistem Kepolisian di Jepang

Aceh

Kasat Lantas Cantik dari Aceh Lolos Studi Banding Sistem Kepolisian di Jepang

Agus Setyadi - detikSumut
Rabu, 21 Sep 2022 14:14 WIB
Kasat Lantas Polres Lhokseumawe AKP Vifa Fibriana  saat studi banding di Jepang.
Kasat Lantas Polres Lhokseumawe AKP Vifa Fibriana saat studi banding di Jepang. (Foto: Dok. Polda Aceh)
Banda Aceh -

Kasat Lantas Polres Lhokseumawe, Aceh AKP Vifa Fibriana terpilih mengikuti studi banding Sistem Kepolisian Jepang Angkatan XX tahun anggaran 2022. Vifa diharapkan dapat menyerap sebanyak-banyaknya ilmu kepolisian dan budaya di Negeri Sakura.

Vifa terpilih mengikuti program tersebut bersama 11 personel Polri lainnya. Dia sudah berada di Jepang dan telah mengikuti orientasi yang dilaksanakan oleh JICA Governance and Peace Building Department JICA HQ Mrs Terakado Masayo.

Pembukaan kegiatan dan pelatihan studi banding digelar di JICA Tokyo dan Akpolnas, Selasa (20/9) waktu Jepang. Kegiatan tersebut baru digelar kembali setelah dua tahun ditiadakan akibat pandemi COVID-19.


"Seluruhnya ada 12 personel Polri yang mengikuti studi banding program JICA tersebut. Namun, dari Polda Aceh hanya AKP Vifa Fibriana Sari yang dipanggil oleh Mabes Polri," kata Kabid Humas Polda Aceh Kombes Winardy kepada wartawan, Rabu (21/9/2022).

Winardy meminta peserta dapat menyerap ilmu sebanyak mungkin tentang kepolisian dan budaya di Jepang. Ilmu yang didapat di Negeri Matahari Terbit diharapkan dapat diadopsi untuk diterapkan oleh kepolisian di Indonesia.

"Semoga dengan adanya personel Polda Aceh yang studi banding ke Jepang akan menambah profesionalitas kerja yang dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat," jelas Winardy.

Menurutnya, kepolisian memegang peranan penting dan bertanggung jawab untuk kesejahteraan masyarakat, sehingga perlu didukung dengan kredibilitas polisi yang bekerja maksimal dan memiliki mental kuat.

"Hal tersebut penting untuk dapat mengatasi permasalahan masyarakat agar kepercayaan masyarakat terhadap Kepolisian makin meningkat," ujar Winardy.



Simak Video "Potret Suporter Jepang saat Bersih-bersih Stadion Piala Dunia 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(agse/dpw)