Belanda Vs Argentina: Sembilan Kali Bentrok, De Oranje Unggul Tipis

Belanda Vs Argentina: Sembilan Kali Bentrok, De Oranje Unggul Tipis

Nizar Aldi - detikSumut
Jumat, 09 Des 2022 15:42 WIB
DOHA, QATAR - DECEMBER 03: Julian Alvarez of Argentina celebrates scoring with team mates Lionel Messi and Rodrigo De Paul during the FIFA World Cup Qatar 2022 Round of 16 match between Argentina and Australia at Ahmad Bin Ali Stadium on December 3, 2022 in Doha, Qatar. (Photo by Visionhaus/Getty Images)
Messi merayakan kemenangan (Foto: Visionhaus/Getty Images/Visionhaus)
Medan -

Laga perempat final Piala Dunia 2022 akan mempertemukan Belanda vs Argentina. Keduanya tercatat sudah sembilan kali bentrok di lapangan, dari sembilan kali bentrok tersebut De Oranje menang sebanyak empat kali.

Laga keduanya akan tersaji di Stadion Lusail pada Sabtu (10/12/2022) pukul 02.00 WIB besok. Laga tersebut diprediksi akan berjalan ketat dengan duel-duel individu dari kedua tim.

Belanda sendiri lolos ke perempat final usai menumbangkan Amerika Serikat dengan skor 3-1. Sedangkan Argentina melaju setelah kandaskan Australia dengan skor 2-1.


Kedua negara ini sudah bertemu sebanyak sembilan kali di lapangan. Dengan hasil, Belanda menang empat kali, seri dua kali, dan Argentina menang sebanyak tiga kali. Belanda unggul tipis.

"Belanda dan Argentina adalah dua kekuatan utama sepakbola dunia. Kedua negara ini sudah terlibat duel sebanyak sembilan kali di semua ajang," kata pengamat sepakbola asal Sumatera Utara, Indra Efendi Rangkuti, Jumat (9/12/2022).

Di pentas Piala Dunia 1974, mereka pertama kali bertemu. Belanda yang saat itu dipimpin Johan Cruyff sukses menggulung Argentina dengan skor 4-0. Argentina membalas kekalahan tersebut saat keduanya bertemu di final Piala Dunia 1978, saat itu tim Tango berhasil menekuk Belanda dengan skor 3-1.

Di pertemuan terakhir pada Piala Dunia 2014, laga keduanya harus dituntaskan lewat drama adu penalti. Saat itu, Argentina berhasil melaju ke partai puncak usai menang dari Belanda.

Setelah delapan tahun tidak bentrok, Indra memprediksi laga keduanya akan menjadi tontonan menarik. Kedua tim diprediksi tampil menyerang sejak laga dimulai.

"Kedua tim diprediksi langsung tampil menyerang sejak wasit meniup peluitnya," ujarnya.

Meski demikian, Indra menyebutkan berdasarkan analisis perjalanan kedua tim di Piala Dunia 2022 ini, De Oranje diprediksi akan keluar sebagai pemenang.

"Dengan melihat grafik permainan Belanda yang stabil di penyisihan grup dan mulai menanjak di babak 16 besar saya memprediksikan Belanda akan menaklukkan Argentina di perempat final ini," sebutnya.

Belanda juga harus mewanti-wanti jika laga nanti malam harus dituntaskan lewat adu penalti. Sebab sejarah mencatat, Belanda cukup lemah untuk melewati drama tersebut.

"Namun De Oranje wajib waspada jika laga berlanjut ke adu penalti. Sepanjang sejarah Piala Dunia Belanda 2 kali tersandung dalam drama adu penalti yaitu pada Piala Dunia 1998 ketika takluk dari Brazil dan 2014 ketika kalah dari Argentina," ucapnya.

"Belanda baru sekali unggul dalam adu penalti di Piala dunia yaitu ketika menaklukkan Kosta Rika di 8 Besar Piala Dunia 2014," imbuhnya.



Simak Video "Argentina Vs Prancis: Adu Tajam Top Skor Piala Dunia 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(nkm/nkm)