Wajib Coba! Ini 4 Kuliner Rujak Yang Populer di Kota Medan

Kartika Sari - detikSumut
Minggu, 07 Agu 2022 17:59 WIB
Rujak di Medan
Foto: Rujak di Medan (Istimewa)
Medan -

Rujak menjadi kuliner favorit yang cocok disantap saat kumpul bersama teman ataupun keluarga. Isian rujak memiliki paduan buah tropis mulai dari semangka, mangga, nanas, jambu, pepaya yang dicampur dengan bumbu rujak yang menggiurkan.

Nah, di kota Medan ada beberapa tempat rujak hits yang terkenal sejak tahun 1900an nih. Bahkan, banyak pengunjung dari luar kota menyempatkan diri untuk menikmati tiap potongan buah dengan bumbu yang segar.

Berikut 4 Rekomendasi rujak yang populer di kota Medan:


1. Rujak Kolam Takana Juo

Rujak Kolam Takana Juo sudah ada di kota Medan sejak tahun 1950-an. Lokasinya tak terlalu jauh dari Masjid Raya Al-Mashun Medan.

Rujak Kolam ini terkenal dengan bumbu yang diulek secara manual, sehingga tak mengubah cita rasa otentik dari awal berjualan. Paduan kacang, gula aren, dan asam Jawa yang diulek dengan cobekan menambah kenikmatan saat dimakan.

Rujak Kolam memiliki aneka isian seperti nenas, jambu, pepaya, timun, mangga, belimbing hingga bengkoang dengan porsi yang cukup banyak dan dijual berkisar seharga Rp 20 ribuan aja nih.

2. Rujak Simpang Jodoh

Walau tidak terletak di kota Medan, Rujak Simpang Jodoh begitu terkenal di kalangan warga kota Medan loh. Terletak tepat di kawasan Simpang Jodoh pasar 7 Tembung, setidaknya ada belasan pedagang rujak yang yang berjualan menggunakan gerobak.

Rujak Simpang Jodoh terkenal memiliki cita rasa bumbu yang khas dengan campuran gula merah, pisang hijau mentah, kacang goreng dan asam Jaya yang diulek tiap ada pesanan, sehingga memberikan cita rasa bumbu yang segar.

Pembeli juga bisa request untuk cita rasa manis, pedas, maupun pedas manis sesuai permintaan pembeli, sehingga penjual akan memberikan takaran cabai rawit yang sesuai.

Untuk buah-buahannya terdiri dari berbagai macam mulai dari jambu air merah, jambu biji, nanas, bengkoang, semangka, kedondong, mangga, dan timur dengan porsi jumbo seharga Rp 18 ribuan.

3. Rujak Samalanga

Rujak Samalanga khas Aceh ini menjadi salah satu rujak yang cukup populer di kota Medan.

Bagi warga Medan yang ingin menikmati rujak Samalanga ini bisa datang ke Simpang Jalan Pasundan, Medan Petisah, Medan atau dapat juga dipesan melalui go food maupun grab food. Biasanya, rujak Samalanga ini banyak dicari ketika waktu momen Ramadan sebagai menu berbuka.

Adapun rujak Samalanga khas Aceh dijual seharga Rp 19 ribu per porsi dan pembeli juga dapat membeli bumbunya seharga Rp 13 ribuan.

Rujak Samalanga memiliki cita rasa segar dengan paduan asam, manis, dan pedas yang dituangkan ke buah-buahan tropis seperti kedondong, bengkuang, jambu air maupun nanas yang menggiurkan.

4. Rujak Cingur Warung Surabaya

Warga Medan tak perlu jauh ke Surabaya untuk makan rujak Cingur nih, karena kota Medan juga ada Rujak Cingur di Warung Surabaya.

Terletak di Jalan Sei Batang Hari No.801, Medan Sunggal, Rujak Cingur di Warung Suroboyo ini patut dicoba. Harga rujak ini sekitar Rp 45 ribu.

Berbeda dengan rujak pada umumnya yang menggunakan buah sebagai bahan utama, Rujak Cingur ini memiliki bahan utama berupa lidah sapi yang dicampur bersama timun, nenas, lontong, tahu, tempe, tauge, kangkung, dan kacang panjang.

Bahan-bahan ini kemudian dicampur dengan bumbu yang terdiri dari petis udang, gula merah, cabai, kacang goreng, bawang goreng, dan irisan pisang biji hijau yang kemudian diulek bersamaan.

Nah, buat detikers yang ingin merasakan sensasi rujak yang gurih berpadu dengan rasa segar dapat langsung cicipi rujak Cingur di Warung Suroboyo Medan.



Simak Video "Mencoba Nasi Padang dengan Sentuhan Kuliner Asal Medan"
[Gambas:Video 20detik]
(afb/afb)