Aceh

Aceh Culinary Festival Dibuka, Sajikan 700 Kuliner dari Sumatera

Agus Setyadi - detikSumut
Jumat, 05 Agu 2022 23:30 WIB
Aceh Culinary Festival (ACF) 2022 dibuka dengan mengaduk dan menyantap kuah beulangong.
Aceh Culinary Festival (ACF) 2022 dibuka dengan mengaduk dan menyantap kuah beulangong (Agus Setyadi/detikSumut)
Banda Aceh -

Event Aceh Culinary Festival (ACF) 2022 dibuka dengan mengaduk dan menyantap kuah beulangong. Kegiatan tahunan itu menyajikan 700 jenis kuliner dari Tanah Rencong serta daerah di Sumatera.

Pantauan detikSumut, kegiatan ACF 2022 digelar di Taman Sultanah Safiatuddin, Banda Aceh sejak Jumat (5/8/2022) sore dan akan selesai pada Minggu (7/8) lusa. Aneka kuliner khas masing-masing daerah serta kudapan kekinian dijual di sana.

Untuk kuliner dari Aceh disajikan di masing-masing anjungan daerah. Selain itu, terdapat juga stand kuliner dari seluruh provinsi di Sumatera dan pelaku UMKM.


Harga kuliner yang dijual di sana mulai Rp 10 ribu perporsi. Pengunjung dapat memilih kuliner sesuai kesukaan lalu menikmatinya di tempat yang disediakan.

Kegiatan ACF dibuka Sekda Aceh Taqwallah serta dihadiri Kadisbudpar Aceh Almuniza, Direktur Event Daerah Kemenparekraf Reza Fahlevi dan sejumlah pejabat lainnya. Pembukaan ditandai dengan mengaduk kuah beulangong yang dilakukan oleh pejabat Forkopimda Aceh.

Kuah beulangong merupakan salah satu kuliner khas Aceh sejenis gulai dengan daging sapi atau kambing. Daging itu dimasak dalam belanga besar.

"Aceh Culinary Festival adalah kegiatan tahunan yang telah diselenggarakan sejak tahun 2014 oleh Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Aceh bertujuan untuk preservasi kuliner tradisional Aceh," kata Almuniza.

Menurutnya, kegiatan tersebut menampilkan keragaman kuliner Aceh sekaligus turut berkontribusi dalam meningkatkan kesiapan para pelaku industri kuliner. ACF juga bertujuan untuk mendorong Aceh masuk dalam salah satu destinasi wisata kuliner unggulan Indonesia.

Sejak tahun 2018 hingga 2020, ACF masuk jajaran top 100 event Wonderful Indonesia. Pada tahun 2021 ACF masuk dalam salah satu event Kharisma Nusantara kategori event terbaik berbasis adaptasi dan inovasi.

Almuniza menjelaskan, di tahun kedelapan penyelenggaraan, ACF masuk top 10 Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 Kemenparekraf. Event tersebut ditargetkan mampu menjadikan Aceh sebagai kiblat kuliner nusantara dengan disupport oleh kabupaten/kota se-Aceh dan provinsi-provinsi di Indonesia.

"Sewindu Aceh Culinary Festival tahun ini tentunya harus memberikan yang terbaik dalam setiap pelaksanaannya. Tahun ini ACF mulai mengembangkan event dengan mengundang provinsi-provinsi di nusantara," ujarnya.

Disbudpar Aceh tahun ini juga menggandeng Bank Indonesia Perwakilan Aceh untuk membuat kegiatan tersebut. Hasilnya, ACF tahun ini digelar bersama Festival Ekonomi Syariah (Fesyar).

"Selama 3 hari pelaksanaan kegiatan, pengunjung dan food traveler bisa menikmati kuliner 23 daerah di Aceh di zona paviliun anjungan, dan lebih dari 100 kuliner khas berbagai provinsi di Indonesia di zona nusantara. Tak ketinggalan zona urban para UMKM-UMKM non-tradisi ikut ambil bagian dari event ini. Lebih kurang 700 menu akan hadir di ACF ini," jelas Almuniza.



Simak Video "Gempa M 5,2 Guncang Banda Aceh, Tak Berpotensi Tsunami"
[Gambas:Video 20detik]
(agse/afb)