Detik-detik Penangkapan ODGJ Pembacok 2 Polisi di Bener Meriah

Aceh

Detik-detik Penangkapan ODGJ Pembacok 2 Polisi di Bener Meriah

Agus Setyadi - detikSumut
Jumat, 18 Nov 2022 09:44 WIB
ODGJ pembacok polisi saat ditangkap (Foto: Istimewa)
ODGJ pembacok polisi saat ditangkap (Foto: Istimewa)
Banda Aceh -

Dua anggota Polsek Bandar, Bener Meriah, Aceh dibacok orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) berinisial R (23). ODGJ tersebut dapat ditangkap usai enam jam dicari.

"Setelah bernegosiasi maka sekira pukul 19.45 WIB, R diamankan tanpa adanya perlawanan," kata Kapolres Bener Meriah AKBP Indra Novianto kepada wartawan, Jumat (18/11/2022).

Insiden pembacokan dua polisi itu terjadi di rumah R di Pondok Gajah, Kecamatan Bandar pada Kamis (17/11) sekitar pukul 14.00 WIB. Saat itu, polisi datang ke lokasi karena mendapat informasi R tengah mengamuk.


Polisi datang bersama petugas puskesmas. Awalnya R menunjukkan gelagat normal. Namun tak lama berselang, dia masuk ke kamar dan keluar dengan membawa sebilah parang.

R mengayunkan parang ke kakak kandungnya. Anggota polisi yang ada di lokasi berusaha mengamankannya namun menjadi sasaran amukan. Akibatnya Bripka M. Amin mengalami luka bacok di kepala dan Aipda Wahidin di lengan sebelah kiri.

Usai membacok, R kabur. Polisi beserta warga melakukan pencarian. Keberadaan R baru diketahui pada malam hari. Dia berada di semak-semak tak jauh dari rumah orang tuanya.

Indra mengatakan, keberadaan R awalnya diketahui salah satu saudaranya. Ketika saksi hendak menyalakan lampu di rumah orang tua R, dia mendengar suara orang batuk di luar rumah.

Saksi tersebut sempat bertanya apakah yang batuk itu R. Menurut Indra, R menjawab pertanyaan tersebut. Setelah itu, saksi lari menjauh dari rumah lalu melapor ke Kapolsek Bandar Iptu Jufrizal.

Usai menerima laporan, Jufrizal menuju ke lokasi. Setelah bernegosiasi beberapa saat, R akhirnya dapat diamankan.

"ODGJ langsung dievakuasi ke RSUD Munyang Kute dengan menggunakan mobil ambulans UPTD Puskesmas Bandar," jelas Indra.



Simak Video "Parade Gajah, Pawai untuk Meriahkan Pekan Kebudayaan Aceh"
[Gambas:Video 20detik]
(agse/astj)