Karyawan Lion Air Bikin Onar di Turkish Airlines Pulang ke Jakarta

Karyawan Lion Air Bikin Onar di Turkish Airlines Pulang ke Jakarta

Datuk Haris Molana - detikSumut
Kamis, 13 Okt 2022 13:43 WIB
Ilustrasi Turkish Airlines
Ilustrasi Turkish Airlines. (Foto: Getty Images/GeorgHanf)
Medan -

Muhammad John Jaiz Boudewijn (48), penumpang Turkish Airlines rute Istanbul-Cengkareng diturunkan paksa di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara gegara bikin onar di dalam pesawat. Setelah sempat ditahan dan menjalani perawatan di Medan, karyawan Lion Air yang mabuk dan bikin rusuh itu dikabarkan sudah kembali ke Jakarta bersama istrinya.

"Tadi pagi sudah kembali ke Jakarta bersama istrinya," kata Kapolresta Deli Serdang Kombes Irsan Sinuhaji, Kamis (13/10/2022).

Irsan menyebut John merupakan warga asal Tangerang. Sebelum kembali, petugas juga telah melakukan tes urine terhadap dirinya. Hasil tes urinenya pun menunjukkan negatif narkoba.


"Urine negatif narkoba," sebut Irsan.

Irsan juga menyebut sejauh ini, tidak ada laporan yang di terima pihaknya.

"Belum ada buat laporan," sebut Irsan.

Sebelumnya diketahui Jhons awalnya diduga mabuk di dalam pesawat kemudian menyerang kru. Penumpang yang ada di pesawat itu tersulut emosinya dan mengeroyok Jhons hingga terluka.

Aksi Jhons itu membuat pesawat terpaksa mendarat darurat di Bandara Kualanamu, Deli Serdang. Jhon pun kemudian diturunkan dari pesawat dan tidak melanjutkan perjalanan ke Bandara Soekarno Hatta.

"Pesawat melanjutkan perjalanan menuju ke Jakarta dan tetap landing di Bandara Soekarno Hatta, namun berdasarkan data manifest berkurang 1 (satu) orang penumpang," jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan dilansir detikNews, Rabu (12/10/2022).

Zulpan menjelaskan peristiwa itu terjadi pada Selasa (11/10) kemarin. Pesawat itu semula dijadwalkan mendarat di Bandar Soetta pada Selasa (11/10) sekitar pukul 18.05 WIB. Akibat insiden itu pesawat menjadi terlambat tiba di Soetta.

"Keberangkatan pesawat Turkish Airlines yang seharusnya pukul 21.05 WIB dan berubah menjadi pukul 22.05 WIB," tuturnya.

Dijelaskan Zulpan penumpang asal Indonesia itu menyerang kru pesawat karena tidak terima ditegur. Aksi onar John kemudian memancing amarah penumpang lain hingga mengeroyoknya.

"Akibat pemukulan kepada kru/pramugara, sehingga memancing amarah penumpang lainnya untuk memukul penumpang WNI yang mabuk," jelasnya.



Simak Video "WNI yang Ribut di Turkish Airlines Bantah Mabuk: Boro-boro Minum"
[Gambas:Video 20detik]
(dhm/dpw)