Respons Gerindra Usai Digugat Anggota DPRD Medan Rp 5 M

Respons Gerindra Usai Digugat Anggota DPRD Medan Rp 5 M

Nizar Aldi - detikSumut
Senin, 03 Okt 2022 17:29 WIB
Ketua Gerindra Medan, Ihwan Ritonga (dok. Istimewa)
Ketua Gerindra Medan, Ihwan Ritonga (dok. Istimewa)
Medan -

Anggota DPRD Medan Siti Suciati menggugat Partai Gerindra sebesar Rp 5 miliar karena dipecat dari partai. Ada empat pihak yang digugat oleh Siti, termasuk DPC Gerindra Kota Medan.

Ketua DPC Gerindra Kota Medan Ihwan Ritonga enggan menanggapi terlalu jauh saat disinggung soal gugatan itu. Ihwan malah meminta untuk menanyakan hal itu ke pengadilan.

"Kalau soal gugatan itu silahkan tanyakan ke pengadilan saja," kata Ihwan Ritonga saat ditanya usai rapat Paripurna DPRD Medan, Senin (3/10/2022).


Ihwan pun tidak mau merespons soal pergantian antar waktu (PAW) yang diajukan oleh Gerindra terhadap Siti Suciati pasca dipecat oleh partai Gerindra. Dia menyebutkan perihal proses untuk menanyakan ke ketua DPRD Kota Medan.

"Kalau soal proses (PAW) tanyakan saja ke Ketua DPRD (Kota Medan)," sebutnya.

Sebelumnya diberitakan, anggota DPRD Medan Siti Suciati menggugat Partai Gerindra karena telah memecatnya. Salah satu poin gugatan itu adalah meminta agar Gerindra memberikan ganti rugi Rp 5 miliar terhadapnya.

Hal itu diketahui dari Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PN Medan seperti dilihat detikSumut, Jumat (30/9/2022). Dijelaskan jika Suci menggugat empat pihak dalam perkara ini yaitu DPP Gerindra, Mahkamah Partai Gerindra, DPD Gerindra Sumut dan DPC Gerindra Medan.

Petitum (hal yang dimintakan penggugat kepada hakim) dalam perkara ini yaitu agar Gerindra yang menjadi tergugat membatalkan surat pemecatan Suci dan pembatalan proses pergantian antar waktu (PAW) Suci sebagai anggota DPRD Medan.

"Menyatakan tidak sah dan batal serta tidak mempunyai kekuatan hukum Surat Nomor : 06-00380/A/DPP-GERINDRA./2022 tanggal 20 Juni 2022, perihal PAW anggota DPRD Kota Medan atas nama Sdr. Siti Suciati, SH," demikian salah satu isi petitum dalam gugatan Suci itu.

Siti sendiri dipecat Gerindra karena terlibat dalam kasus dugaan asusila. Permohonan PAW pun telah diajukan Gerindra ke pimpinan DPRD Medan.



Simak Video "Gerindra-PKB Belum Bisa Bicara Anggota Koalisi Baru, Takut Disharmoni"
[Gambas:Video 20detik]
(dpw/dpw)