Riau

Brimob Diturunkan untuk Tangkap Resedivis Begal yang Miliki Senjata

Raja Adil Siregar - detikSumut
Jumat, 30 Sep 2022 20:45 WIB
Senjata api yang diamankan dari residivis begal di Inhu Riau
Foto: Senjata api yang diamankan dari residivis begal di Inhu Riau (Istimewa)
Pekanbaru -

Seorang residisivis pencurian yang juga masuk daftar pencarian orang (DPO) di Indragiri Hulu (Inhu), Riau inisial JM (49) ditangkap. JM ditangkap karena memiliki senjata api.

Ps Kasubsi Penmas Polres Indragiri Hulu, Aipda Misran WB mengatakan pelaku JM ditangkap pada Rabu (28/9) sekitar pukul 19.30 WIB. Penangkapan setelah Polsek Batang Gangsal menerima laporan terkait kepemilikan senjata api.

"Laporan awal diterima terkait senjata api. Namun setelah didalami ternyata JM juga residivis dan DPO kasus pencurian," tegas Misran, Jumat (30/9/2022).


Dari laporan tersebut petugas langsung mendatangi lokasi keberadaan pelaku di Desa Siberida, Batang Gansal. Di lokasi terlihat pelaku berikut senjata api sesuai laporan masyarakat.

"Karena tersangka JM ini dianggap cukup berbahaya memegang senjata api, Polsek Batang Gansal koordinasi dengan Brimob Polda Riau Kompi Batang Gansal. Polsek minta bantuan sejumlah personel Brimob," kata Misran.

Tak langsung melakukan penangkapan di lokasi, polisi justru membawa adik pelaku bernama Hardianto. Bahkan polisi sampai harus bernegosiasi 1 jam hingga akhirnya pelaku mau menyerah.

"Untuk mengamankan tersangka, tim kita membawa adik tersangka Hardianto (46). Adiknya inilah membujuk agar tersangka bersedia menyerahkan diri," kata Misran.

Sekitar pukul 20.30 WIB, JM akhirnya mau menyerahkan senjata api berikut satu tas pinggang yang berisi amunisi dan sarung senjata. Namun saat JM menyerahkan senjata api itu, magazine senjata jatuh ke sungai.

Dari tangan tersangka, diamankan 1 buah senjata api jenis FN berikut menyisakan 1 butir amunisi. Di hadapan polisi, JM juga mengakui sebagai residivis yang menjadi DPO Polsek Batang Gansal.

"Tersangka merupakan resedivis, sudah dua kali menjalani hukuman atas kasus pencurian dengan kekerasan di Sumatera Utara dan Rengat Barat, Inhu. Istilahnya kasus begal kalau di masyarakat," tegas Misran.

Selain memgamankan pelaku dan barang bukti, polisi juga mendalami asal usul dari senjata api tersebut. Termasuk apakah senjata api jenis FN itu organik atau hanya rakitan.



Simak Video "Dramatis! Proses Evakuasi Anak Gajah dari Galian di Riau"
[Gambas:Video 20detik]
(afb/afb)