Jadikan Rumdis Tempat Asusila, AKBP M Hasan Dijatuhi 2 Sanksi

Round Up

Jadikan Rumdis Tempat Asusila, AKBP M Hasan Dijatuhi 2 Sanksi

Tim detikSumut - detikSumut
Selasa, 27 Sep 2022 10:41 WIB
AKBP M Hasan (Foto: Tangkapan Layar video viral)
AKBP M Hasan (Foto: Istimewa)
Jambi -

Polda Jambi menggelar sidang disiplin terhadap AKBP M Hasan saat masih menjabat Kapolres Batang Hari. Sidang itu digelar karena video viral yang menyebut Hasan menjadikan rumah dinas (rumdis) Kapolres sebagai tempat asusila.

Kabid Humas Polda Jambi Kombes Mulia Prianto mengatakan AKBP M Hasan menjalani sidang disiplin 14 September 2022 lalu. Hasilnya Hasan pun dijatuhi dua sanksi.

"Dari sidang itu juga AKBP Hasan dijatuhkan sanksi seperti teguran tertulis, penundaan untuk mengikuti pendidikan, yang menyidangkannya juga dari Propam Polda Jambi ya bukan Mabes Polri," ujar Mulia, Senin (26/9/2022).


Dia tidak menampik sidang etik terhadap AKBP Hasan saat masih menjabat Kapolres Batang Hari ihwal penggunaan rumah dinas sebagai tempat asusila.

"Sidang disiplin ini karena menyalahgunakan fasilitas negara, ya kaitannya dengan adanya video viral itu (asusila)," jelasnya.

Mulia menjelaskan jabatan Kapolres Batang Hari kemudian diserahkan ke AKBP Bambang Purwanto yang menjabat sebagai Kasubdit Penegakan Hukum (Gakum) Ditrektorat Lalulintas Polda Jambi.

"Untuk pengganti AKBP M Hasan sebagai Kapolres Batanghari ini ialah AKPB Bambang Purwanto dari Dirlantas Polda Jambi," terang Mulia.

Diketahui mutasi Kapolres Batang Hari ini tertuang dalam TR Kapolri bernomor: ST/2046/IX/KEP/2022 tertanggal 24 September 2022. AKBP M Hasan selanjutnya dimutasi ke Yanma Polri.

"Kalau mutasi ke Yanma ini tidak ada kaitannya dalam proses pemeriksaan ya. Pemeriksaannya ini kan sudah dilakukan di Propam Polda Jambi," terang Mulia.

"Jadi Mutasi dari Kapolres ke atas itu adalah wewenang Kapolri, jadi Kapolres Batang Hari itu dimutasikan ke Mabes Polri tepatnya di Yanma Polri, kemudian digantikan oleh AKPB Bambang Purwanto," tuturnya.

Selain soal mutasi AKBP Hasan, surat telegram Kapolri ini juga berisi mutasi terhadap tiga Wakapolda. Berikut daftarnya:

1. Wakapolda Kepri kini diisi Brigjen Agus Suharnoko. Agus menggantikan
Brigjen Rudi Pranoto yang dimutasi menjadi Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri

2. Wakapolda Kaltim kini diisi Brigjen Mujiyono. Dia menggantikan Brigjen Hariyanto yang masuk masa pensiun

3. Wakapolda Aceh kini diisi Brigjen Syamsul Bahri. Dia menggantikan Brigjen Agus Kurniady Sutisna yang masuk masa pensiun.



Simak Video "Polisi Ditombak Saat Tangkap Buronan Begal di Jambi"
[Gambas:Video 20detik]
(astj/astj)