Ingin Viral Jadi Alasan Belasan Remaja Ini Bikin Video Bawa Sajam

Ingin Viral Jadi Alasan Belasan Remaja Ini Bikin Video Bawa Sajam

Perdana Ramadhan - detikSumut
Rabu, 21 Sep 2022 07:59 WIB
Tangkapan layar kelompok remaja di Batu Bara memamerkan senjata dan viral di sosial media.  (Istimewa)
Foto: Tangkapan layar kelompok remaja di Batu Bara memamerkan senjata dan viral di sosial media. (Istimewa)
Medan -

Belasan remaja yang memamerkan senjata tajam (sajam) dengan memblokade jalan di Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara (Sumut) mengaku hanya ingin mencari eksistensi. Mereka membuat video agar menjadi viral dan terkenal.

Dalam video, mereka terlihat berkerumun hingga beberapa orang diantaranya memamerkan senjata berupa celurit, pedang, hingga gir motor yang diikat tali. Aksi itu membuat masyarakat resah hingga Polisi turun tangan.

"Setelah kami selidiki ada 17 orang dari remaja itu yang langsung kami amankan. Motivasinya melakukan hal tersebut hanya ingin viral," kata Kapolsek Lima Puluh, AKP Rusdi, Selasa (20/9/2022).


Rata-rata para remaja yang diamankan itu masih berstatus pelajar, usia mereka antara 15 hingga 17 tahun. Mereka diamankan dari berbagai tempat terpisah di lokasi tempat biasa para anak-anak ini nongkrong. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan berkaitan dengan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Untuk mencegah hal ini kembali terjadi, kami melakukan tindakan pencegahan preventif dengan pembinaan rohani terhadap 17 orang remaja tersebut dengan melibatkan orang tua mereka juga," katanya.

Setelah diberi pengarahan dan hukuman fisik, orang tua mereka juga diminta datang sebagai jaminan agar menimbulkan efek jera mereka tidak mengulangi perbuatannya lagi. Selain mengamankan para remaja ini, Polisi juga turut menyita beberapa senjata dari tangan para remaja.

Sebelumnya, aksi kelompok remaja berkumpul dengan memamerkan senjata tajam dari pisau sabit, hingga gir motor yang disambung tali viral di sosial media. Mereka tampak menyalakan petasan, sambil bersorak, beberapa orang diantaranya tampak mengacungkan senjata dengan bangga.

Aksi tersebut diduga terjadi di kawasan Jalan Baru menuju Rumah Sakit Umum (RSU) Batu Bara. Mereka juga kerap disebut memicu keributan di daerah situ dengan melakukan aksi tawuran.

"Tolong dong pak, Jalan beton rumah sakit batu bara sudah tidak aman karna hampir setiap malam anak mdua pada tawuran. Saya lewat aja udah mau kenak bacok. Semua orang itu pada bawa sajam/petasan," kata penggunggah dalam narasi videonya.



Simak Video "Warga Batu Bara Bikin 'Kuburan' Protes Jalan Rusak"
[Gambas:Video 20detik]
(afb/afb)