Viral Pelajar Tawuran di Medan Dipukul Warga Pakai Tiang Bendera

Goklas Wisely - detikSumut
Rabu, 17 Agu 2022 17:44 WIB
Polisi membubarkan tawuran pelajar di Jalan Setiabudi, Medan.
Polisi membubarkan tawuran pelajar di Jalan Setiabudi, Medan. (Foto: Istimewa)
Medan -

Sekelompok pelajar yang melakukan aksi tawuran di Jalan Setiabudi, Medan sempat dipukul warga dengan tiang bendera. Video yang merekam para pelajar dipukul itu lantas viral di media sosial.

Dilihat detikSumut dari video yang beredar, Rabu (17/8/2022), terlihat sejumlah pelajar terperangkap amukan massa di depan salah satu rumah warga. Mereka sebelumnya kejar-kejaran dan tawuran di sekitar tempat itu.

Warga yang geram kemudian mengejar dan menangkap mereka. Bahkan seorang pria yang memegang tiang bendera berkali-kali memukul para pelajar itu.


Seorang petugas polisi yang kebetulan berada di lokasi berusaha melerai. Dia bahkan sempat mengeluarkan tembakan peringatan agar warga dan pelajar yang berkelahi bubar.

Perekam video, Wanti Lestari menceritakan awal mula kejadian itu. Dia menyebut, sesaat sebelum dihadang warga, para pelajar yang bersepeda motor itu tawuran di dekat lokasinya bekerja. Kejadian itu terjadi pada pukul 14.00 WIB, siang tadi.

Dia juga melihat ada beberapa pelajar yang membawa senjata tajam. Bahkan ada suara ledakan saat para pelajar itu lewat yang lantas mengejutkan warga.

"Ledakannya terdengar tadi. Katanya bom rakitan atau buatan begitu. Cuma saya tidak lihat tadi seperti apa," kata Wanti.

Setelah itu, warga yang resah langsung berusaha menangkap pelajar tersebut. Walhasil ada dua pelajar berhasil ditangkap dan dihajar massa.

Tak lama, pihak kepolisian sampai ke lokasi dan berhasil melerai amukan massa dengan melepaskan tembakan.

"Tadi babak belur lah keduanya. Setelah itu langsung dibawa polisi," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, aksi tak terpuji dilakukan sejumlah pelajar SMA di Medan, Sumatera Utara (Sumut). Saat pelajar lain mengikuti Upacara Peringatan HUT ke-77 RI, mereka malah tawuran di jalanan.

Aksi tawuran dua kelompok pelajar ini terjadi di Jalan Setia Budi, pada Rabu (17/8/2022) pagi tadi. Video yang merekam aksi tawuran itu bahkan viral setelah diunggah oleh sejumlah akun media sosial.

Dilihat detikSumut dari video yang beredar, terlihat sejumlah pelajar mengenakan seragam SMA saling kejar di jalanan. Beberapa di antara mereka ada yang membawa senjata tajam dan celurit.

Beberapa dari mereka juga menenteng bendera Merah Putih. Aksi mereka ini bahkan menjadi tontonan warga.

Polisi menyebut, saat ini para pelaku serang diburu karena meresahkan warga sekitar.

"Pastinya akan kita selidiki biar tidak meresahkan masyarakat sekitar. Apa lagi ini momen kemerdekaan," kata Kanit Reskrim Polsek Sunggal Iptu Suyanto Usman kepada detikSumut.

Dia menyebut, saat ini petugas sedang mengecek ke lokasi tawuran. Belum ada informasi para pelajar itu telah ditangkap.

Aksi tawuran juga dilaporkan terjadi di Jalan Monginsidi. Jaraknya hanya sekitar dua kilometer dari lokasi tawuran kelompok pelajar lain.

"Ini kita sedang mengecek apakah benar. Pastinya jika benar akan diselidiki," ungkap Kanit Polsek Medan Baru AKP Martua Manik.

Aksi tawuran pelajar di wilayah Medan Baru bukan kali ini saja terjadi. Pada akhir Juli lalu, belasan pelajar dan anggota geng motor yang masih remaja ditangkap karena tawuran.



Simak Video "Polisi Tangkap 3 Pelaku Tawuran yang Tewaskan Remaja di Jaktim"
[Gambas:Video 20detik]
(dpw/dpw)