Belasan Pelajar di Medan Ditangkap Hendak Tawuran di Momen HUT RI

Goklas Wisely - detikSumut
Rabu, 17 Agu 2022 16:31 WIB
Belasan pelajar di Medan ditangkap saat hendak tawuran dengan membawa senjata tajam.
Belasan pelajar di Medan ditangkap saat hendak tawuran dengan membawa senjata tajam. (Foto: Goklas Wisely/detikSumut)
Medan -

Polisi berhasil menangkap belasan pelajar yang diduga kuat hendak tawuran di momen perayaan HUT ke-77 RI di Medan. Mereka semua langsung digelandang dan dijemur di halaman Mapolsek Medan Baru.

Kapolsek Medan Baru, Kompol Ginanjar Fitriadi mengatakan 11 pelajar itu ditangkap saat polisi menggelar patroli, usai mendapat informasi ada tawuran pelajar. Mereka diamankan setelah kedapatan membawa senjata tajam.

"Pas di jalan tadi kami berpapasan dengan anak pelajar yang menggunakan sepeda motor membawa senjata tajam dan bendera, seperti gir dan parang panjang," kata Ginanjar saat diwawancarai, Rabu (17/8/2022).


Saat ditangkap, beberapa pelajar bahkan sempat melawan. Ginanjar bahkan sempat terluka di tangan karena seorang pelajar berusaha merebut kembali pisau dari tangannya.

Saat ini, seluruh pelajar yang terjaring razia itu masih diperiksa polisi. Pihak sekolah dan orang tua juga diminta untuk mengawasi tingkah para pelajar itu, terutama saat keluar dari lingkungan sekolah.

Sebelumnya diberitakan, aksi tak terpuji dilakukan sejumlah pelajar SMA di Medan, Sumatera Utara (Sumut). Saat pelajar lain mengikuti Upacara Peringatan HUT ke-77 RI, mereka malah tawuran di jalanan.

Aksi tawuran dua kelompok pelajar ini terjadi di Jalan Setia Budi, pada Rabu (17/8/2022) pagi tadi. Video yang merekam aksi tawuran itu bahkan viral setelah diunggah oleh sejumlah akun media sosial.

Dilihat detikSumut dari video yang beredar, terlihat sejumlah pelajar mengenakan seragam SMA saling kejar di jalanan. Beberapa di antara mereka ada yang membawa senjata tajam dan celurit.

Beberapa dari mereka juga menenteng bendera Merah Putih. Aksi mereka ini bahkan menjadi tontonan warga.

Polisi menyebut, saat ini para pelaku serang diburu karena meresahkan warga sekitar.

"Pastinya akan kita selidiki biar tidak meresahkan masyarakat sekitar. Apa lagi ini momen kemerdekaan," kata Kanit Reskrim Polsek Sunggal Iptu Suyanto Usman kepada detikSumut.

Dia menyebut, saat ini petugas sedang mengecek ke lokasi tawuran. Belum ada informasi para pelajar itu telah ditangkap.

Aksi tawuran juga dilaporkan terjadi di Jalan Monginsidi. Jaraknya hanya sekitar dua kilometer dari lokasi tawuran kelompok pelajar lain.

"Ini kita sedang mengecek apakah benar. Pastinya jika benar akan diselidiki," ungkap Kanit Polsek Medan Baru AKP Martua Manik.

Aksi tawuran pelajar di wilayah Medan Baru bukan kali ini saja terjadi. Pada akhir Juli lalu, belasan pelajar dan anggota geng motor yang masih remaja ditangkap karena tawuran.



Simak Video "Polisi Tangkap 3 Pelaku Tawuran yang Tewaskan Remaja di Jaktim"
[Gambas:Video 20detik]
(dpw/dpw)