Lampung

Bharada E Jadi JC, Ahli Unila: Bisa Buka Tirai Kematian Brigadir J

Tommy Saputra - detikSumut
Senin, 15 Agu 2022 16:44 WIB
Pengamat Hukum dan Tata Negara dari Universitas Lampung (Unila), Yusdianto.
Yusdianto (Foto: Istimewa)
Bandar Lampung -

Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) mengabulkan permohonan justice collaborator (JC) yang diajukan Bharada E alias Richard Eliezer. Dengan status JC, diharapkan Bhadara E bisa mengungkap fakta sebenarnya di balik kematian Brigadir J alias Nofriansyah Yoshua Hutabarat.

"Diberikanya JC kepada Bharada E oleh LPSK ini, menandakan bahwa saksi pelaku yang mau bekerja sama untuk membuka tirai gelap perkara ini," ujar Ahli Hukum Tata Negara dari Universitas Lampung (Unila), Yusdianto kepada detikSumut, Senin (15/8/2022).

Bukan hanya mengungkap peristiwa yang terjadi, tapi menurut dia Bhrada E bisa mengungkap semuanya mulai dari awal hingga akhir.


"Maka dengan status yang disandang, kita berharap melalui Bharada E, yang bersangkutan dapat mengungkapkan semua peristiwa yang terjadi mulai dari sebelum, saat dan sesudah kejadian," ungkapnya.

Dengan kesaksian itu, dia yakin persoalan yang ada di kasus ini akan terungkap secara utuh.

"Sehingga kasus ini bisa terang-benderang. Dan tersangka FS yang diduga sebagai mastermind dalam dihukum seberat beratnya," tuturnya.

Dengan menjadi justice collaborator, Bharada E disebutkan Yusdianto juga akan mendapat keuntungan lain yakni sanksi yang lebih ringan.

"Menurut saya, ada sisi keuntungan yang didapatkan oleh Bharada E sebagai JC yakni mendapatkan keringanan hukuman dan vonisnya tidak akan lebih berat dari pelaku utama," terang Yusdianto.

Sebelumnya diberitakan, Bharada Richard Eliezer resmi menyandang status justice collaborator. LPSK mengabulkan permohohan tersebut karena Bharada E bukan pelaku utama.
"Bharada E memang memenuhi syarat sebagai justice collaborator," ujar Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo dikutip dari detikNews, Senin (14/8/2022).

Menurut dia ada pelaku selain Bharada E, karena bukan pelaku utama maka permohonan menjadi justice collaborator yang diajukan dikabulkan.

"Yang bersangkutan bukan pelaku utama," tuturnya.

Simak Video 'Bharada E Jadi Justice Collaborator, Dilindungi Penuh LPSK':

[Gambas:Video 20detik]



(astj/astj)