Pelaku Pembakaran Mobil Warga di Deli Serdang Ditangkap!

Goklas Wisely - detikSumut
Kamis, 11 Agu 2022 22:54 WIB
Kapolrsek Deli Tua Kompol Dedy Dharma
Foto: Kapolrsek Deli Tua Kompol Dedy Dharma (Goklas/detikSumut)
Deli Serdang -

Polsek Delitua telah menangkap pelaku yang membakar mobil warga di Perumahan Deli Garden II, Kecamatan Deli Tua, Kabupaten Deli Serdang. Aksi pelaku sempat terekam CCTV dan viral di media sosial.

Kapolsek Deli Tua Dedy Dharma mengatakan kejadian itu berlangsung pada Jumat (5/8/2022) dinihari. Pelaku pembakaran mobil itu bernama Herman (37).

"Jadi berdasarkan penyelidikan awal, diketahui bahwa pria yang membakar mobil adalah Herman. Dia ditangkap di rumahnya di Jalan Marindal, Kecamatan Patumbak," ujar Dedy saat diwawancarai, Kamis (11/8/2022).


Dedy mengungkapkan Herman mengakui membakar mobil milik Joni bersama temannya berinisial J (35) yang sampai saat ini masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

Saat diinterogasi, Herman menyatakan aksi itu dilakukan atas perintah Rudyanto (41) dan tersangka berinisial S (45) yang juga masih DPO . Rudyanto dan S menjanjikan uang Rp 500 ribu untuk Herman dan J untuk melancarkan aksi tersebut.

Rudyanto ditangkap saat berada di Jalan B.Z Hamid, Komplek Laguna, Kelurahan Titi Kuning, Kecamatan Medan Johor. Dari pengakuan Rudyanto, aksi itu dia rancang karena sakit hati.

"Rudyanto mengaku dia berniat merencanakan itu karena merasa sakit hari. Sebab, Joni mengumbar gudang kucing milik Rudyanto. Jadi ada rasa dendamnya," sebutnya.

Dedy menyebut kedua pelaku dikenakan tindak pidana sesuai dengan pasal 187 ayat 1 Jo 55, 56 KUHPidana dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara.

Sebelumnya diberitakan, mobil milik warga di Perumahan Deli Garden II, Kecamatan Deli Tua, Kabupaten Deli Serdang dibakar orang tak dikenal (OTK). Aksi tersebut terekam kamera pengawas atau CCTV.

Dilihat detikSumut Sabtu (6/8/2022) video rekaman CCTV itu memperlihatkan seorang pria mengenakan helm, celana pendek, dan jaket menenteng jerigen putih kecil ke arah mobil hitam.

Lalu, setelah itu pria tersebut menghidupkan mancis dan membakar diduga bensin yang sudah disiramnya di sekeliling mobil. Tak lama, api menyambar dan membakar mobil hitam itu. Pria itu langsung lari dari lokasi.

Warga di sekitar lokasi kejadian, Ari mengatakan peristiwa itu terjadi pada Kamis (4/8) dini hari. Kala itu Ari sedang duduk di teras rumahnya sembari bermain game online. Tiba-tiba ia dikagetkan dengan suara dentuman.

"Saya liat ke arah dentuman ternyata ada api yang menyala. Saya langsung ke lokasi ternyata ada mobil Toyota Calya terbakar. Itu mobil tetangga saya," ucapnya, Sabtu (6/8/2022).



Simak Video "Jembatan di Deli Serdang Ambruk Usai Dlintasi Alat Berat"
[Gambas:Video 20detik]
(afb/afb)