Sumatera Selatan

Penyidikan Kasus Perselingkuhan Eks Kasubbag OKI Jalan di Tempat

Prima Syahbana - detikSumut
Rabu, 10 Agu 2022 14:18 WIB
Briptu Suci Darma saat menunjukkan foto pernikahannya.
Briptu Suci saat memperlihatkan foto pernikahannya (Prima/detikSumut)
Palembang -

Laporan dugaan perselingkuhan Damsir Khalik eks Kasubbag Protokol Pemkab OKI sudah naik ke tahap penyidikan sejak 31 Mei 2022. Sudah hampir tiga bulan sejak saat itu tidak ada perkembangan berarti, kasusnya jalan di tempat.

Ditreskrimum Polda Sumsel yang menangani kasus ini pun hingga kini belum memberikan keterangan resmi. "Masih berproses. Kita belum mendapatkan keterangan resmi dari Krimum yang menangani kasus ini," kata Kasubbid Penmas Humas Polda Sumsel AKBP Erlangga dikonfirmasi detikSumut, Rabu (10/8/2022).

Kasus ini diketahui langsung ditangani oleh Dirreskrimum Kombes M Anwar Reksowidjojo dan Wadirreskrimum AKBP Tulus Sinaga dengan sistem satu pintu.


"Iya, satu pintu. Jadi sekarang ini kita belum dapat informasinya bagaimana kelanjutan proses tersebut," kata Erlangga.

Sayangnya, ketika detikSumut berusaha mengkonfirmasi kepada Anwar dan Tulus terkait perkembangan kasus tersebut via telepon maupun pesan WhatsApp, tidak mendapatkan respons.

Sementara, kuasa hukum Suci, Titis Rachmawati juga mengaku hingga kini belum mendapatkan informasi terbaru dari perkembangan penyidikan kasus tersebut di kepolisian.

"Iya, hingga hari ini belum ada informasi terbaru dari kepolisian. Statusnya masih sama seperti kemarin," ungkap Titis, dikonfirmasi terpisah.

Sebelumnya, Polda Sumatera Selatan tidak mau tergesa-gesa mengumumkan tersangka di kasus Briptu Suci Darma. Meskipun sudah sejak 31 Mei 2022 laporan Briptu Suci terhadap suaminya Damsir Khalik, eks Kasubbag Protokol Ogan Komering Ilir (OKI) naik ke tahap penyidikan.

"Belum (belum ada tersangka)," kata Dirreskrimum Polda Sumsel Kombes M Anwar Reksowidjojo dikonfirmasi detikSumut, Rabu (8/6/2022).

Anwar Reksowidjojo mengatakan penyidik saat ini sedang bekerja untuk menentukan tersangka. Sebelum itu akan dimintai keterangan dari saksi ahli. "Masih dilakukan pemeriksaan saksi-saksi hingga saksi ahli nantinya," kata Anwar.

Sayangnya, saat itu Kombes Anwar tidak merinci siapa saksi ahli yang akan dimintai keterangan dalam kasus tersebut.

Diketahui, Briptu Suci Darma melaporkan suaminya Damsir Khalik atas dugaan perselingkuhan, zina dan penipuan ke Polda Sumsel. "Proses penyidikan itu kan untuk menetapkan tersangka," kata Kombes M Anwar, Selasa (31/5) lalu.

Penyidik, menurutnya, tengah fokus melakukan sejumlah upaya untuk melengkapi proses penyidikan tersebut, termasuk memberi tahu terlapor, mengambil keterangan ahli dan lain sebagainya.

"Unsur pidana ada, siapa tersangka nya? ini kita masih berproses. Yang jelas kita lakukan secara profesional dan transparan, kemudian kita berikan SP2HP (surat pemberitahuan perkembangan hasil penyelidikan) juga kepada pihak pelapor, juga saksi. Kemudian kita tingkatkan juga dengan tindakan-tindakan kepolisian yang lain seperti keterangan-keterangan ahli, keterangan saksi, bukti petunjuk dan lain sebagainya," jelas Anwar.



Simak Video "2 Abang Jago yang Pecahkan Kaca Truk di Palembang Ditangkap!"
[Gambas:Video 20detik]
(astj/astj)