Sumatera Selatan

Nikah Tanpa Izin, Bupati Banyuasin Dilaporkan ke Polda Sumsel

Prima Syahbana - detikSumut
Senin, 01 Agu 2022 12:22 WIB
Gedung baru Polda Sumsel yang dibangun pakai dana hibah Pemprov Sumsel Rp 166 miliar. (Foto. Prima Syahbana)
Gedung Polda Sumsel (Prima Syahbana/detikSumut)
Palembang -

Seorang wanita asal Jakarta, Nova Yunita (42), mendatangi Polda Sumsel untuk melaporkan Bupati Banyuasin, Askolani. Wanita yang mengaku istri sah Askolani itu melaporkan suaminya atas kasus dugaan pernikahan tanpa izin.

Kuasa hukum Nova, Ana Ariyanto mengatakan laporan itu mereka sampaikan ke SPKT Polda Sumsel pada Sabtu (30/7) sekitar pukul 14.30 WIB itu. Adapun yang dilaporkan yakni peristiwa pidana menikah tanpa izin istri sah seperti pada UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang KUHP Pasal 279.

"Benar, kita melaporkan terkait hal itu (pernikahan tanpa izin). Laporannya juga sudah diterima di SPKT Polda Sumsel hari itu juga," kata Ariyanto dikonfirmasi detikSumut, Senin (1/8/2022).


Menurutnya, Askolani telah menikahi wanita lain tanpa seizin Nova yang merupakan istri sahnya, pada Jumat 28 Juni 2019 yang lalu, di kawasan Demang Lebar Daun, Ilir Barat I, Palembang.

Dijelaskan Ariyanto, kliennya dan Askolani telah resmi menikah pada 3 Desember 2014 seperti tertuang pada akta nikah nomor :736/22/XII/2014 yang dikeluarkan oleh KUA Kertapati.

Bahkan, keduanya Nova dan Askolani juga telah dikaruniai seorang anak laki-laki inisial MR yang lahir di Jakarta pada 7 September 2015 yang lalu.

"Iya semua itu benar, itu sudah sesuai tertuang dalam akte nikah dan akte lahir anak itu bahwa terlapor merupakan Askolani yang merupakan Bupati Banyuasin saat ini," ungkap Ariyanto.

Terkait kedatangan Nova yang mengaku sebagai istri sah Askolani bersama kuasa hukumnya itu, Polda Sumsel juga membenarkan.

"Iya informasinya seperti itu, wanita itu mendatangi SPKT mengaku sebagai istri sahnya beliau (Bupati Banyuasin, Askolani)," kata Kasubbid Penmas Humas Polda Sumsel AKBP Erlangga dikonfirmasi detikSumut, Senin (1/8/2022).

Sementara, Pemkab Banyuasin melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menyebut pihaknya dalam hal ini belum bisa memberikan keterangan. Pihaknya menyarankan untuk mengkonfirmasi langsung ke Askolani melalui Kuasa Hukumnya.

"Gini saja, langsung konfirmasi ke pengacaranya Pak Bupati saja ya," kata Plt Kadis Kominfo Banyuasin Nova Redi, terpisah.



Simak Video "2 Abang Jago yang Pecahkan Kaca Truk di Palembang Ditangkap!"
[Gambas:Video 20detik]
(astj/astj)