Aceh

Terungkap! 2 Warga Aceh Besar Ditembak dari Jarak Dekat

Agus Setyadi - detikSumut
Rabu, 20 Jul 2022 18:14 WIB
Rekonstruksi penembakan 2 warga Aceh Besar (dok.Polda Aceh)
Rekonstruksi penembakan 2 warga Aceh Besar (dok.Polda Aceh)
Banda Aceh -

Polisi melakukan rekonstruksi penembakan dua warga Aceh Besar atas perintah Ketua DPW salah satu partai lokal di Aceh berinisial AB. Dalam rekontruksi terungkap kedua korban dieksekusi dari jarak dekat dan sambil jongkok.

Rekonstruksi penembakan tersebut digelar di Halaman Gedung Subdit 3 Ditreskrimum Polda Aceh, Rabu (20/7/2022). Ketujuh tersangka FR (eksekutor), AB, NZ, ZD, TM, DW dan MY dihadirkan dengan didampingi tim kuasa hukum.

Ada 30 adegan yang diperagakan ketujuh tersangka. Salah satunya detik-detik FR menembak korban Ridwan dan Maimun yang mengendarai motor.


Dalam rekonstruksi, korban diperankan oleh personel polisi. Ridwan mengemudi motor dan Maimun duduk di belakangnya. Tersangka FR menembak kedua korban dengan senjata laras panjang jenis M16 dari jarak dekat.

Saat menembak, FR dalam posisi jongkok. Tembakan itu mengenai kedua korban. Meski tertembak, kedua korban tidak langsung jatuh dari motornya.

Ketika motor yang dikendarai korban melewatinya, tersangka FR berdiri dan kembali mengarahkan senjata ke korban.

"Hari ini kita sudah melakukan rekonstruksi kasus penembakan dua warga Indrapuri. Kuasa hukum tersangka juga ikut menyaksikan rekonstruksi ini," kata Dirreskrimum Polda Aceh Kombes Ade Harianto kepada wartawan.

Ade menjelaskan, rekonstruksi digelar untuk memberikan gambaran terkait peristiwa penembakan tersebut. Selain itu, juga agar penyidik dapat menyimpulkan dengan mencocokkan keterangan tersangka dengan yang diperagakan saat rekonstruksi.

"Ada 30 adegan semuanya, dan ketujuh tersangka juga kita hadirkan," ujar Ade.

Sebelumnya, dua warga Desa Aneuk Gle, Kecamatan Indrapuri, Aceh Besar, Aceh tewas ditembak orang tak dikenal. Kedua korban meninggal dunia dalam perawatan di rumah sakit.

"Keduanya ditembak tadi malam sekitar pukul 21.00 WIB," kata Kapolres Aceh Besar AKBP Carlie Syahputra Bustamam saat dimintai konfirmasi detikSumut, Jumat (13/5).

Kedua korban adalah Ridwan dan Maimun. Carlie mengatakan, satu korban terkena tembak di bagian perut tembus ke kaki kiri, sedangkan satu orang lagi tertembak di kaki kiri.

Menurut Carlie, korban sempat dilarikan ke Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin Banda Aceh usai kejadian. Namun dalam perawatan keduanya meninggal dunia dinihari tadi.

"Korban pulang dari ladang naik sepeda motor berdua, sepertinya ditembak lagi jalan," ujarnya.

Usai kejadian, polisi menciduk ketujuh tersangka. Penembakan itu diduga bermotif sakit hati.

"AB merupakan aktor intelektual, di mana ia yang memerintahkan anggotanya untuk menghabisi Maimun (38) dan Ridwan (38). Dia juga ikut mendanai dan merencanakan eksekusi tersebut," kata Kabid Humas Polda Aceh Kombes Winardy.



Simak Video "Gempa M 5,2 Guncang Banda Aceh, Tak Berpotensi Tsunami"
[Gambas:Video 20detik]
(agse/astj)