Menhub: 10 Pabrik Kelapa Sawit akan Dibangun di KEK Sei Mangkei

Menhub: 10 Pabrik Kelapa Sawit akan Dibangun di KEK Sei Mangkei

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikSumut
Sabtu, 24 Sep 2022 10:46 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi memberi keterangan kepada media di Pelabuhan Kuala Tanjung.
Menhub Budi Karya Sumadi memberi keterangan kepada media di Pelabuhan Kuala Tanjung. (Foto: Ahmad Arfah/detikSumut)
Batu Bara -

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei di Batu Bara, Sumatera Utara (Sumut) disebut akan membangun 10 pabrik kelapa sawit (PKS). Hal itu diungkapkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai mendapatkan laporan dari pihak manajemen pengelola kawasan itu.

"Dari direksi Sei Mangkei melaporkan dalam dua tahun ke depan akan ada 10 pabrik yang berkaitan dengan sawit curah cair," kata Budi saat meninjau Pelabuhan Kuala Tanjung, Batu Bara, Sabtu (24/9/2022).

Budi tidak menjelaskan secara rinci jumlah pabrik sawit yang sudah ada saat ini di KEK Sei Mangkei. Dia hanya menjelaskan secara umum saat ini sudah 23 persen KEK Sei Mangkei terisi.


"Sei Mangkei sebagai salah satu pusat industri yang dimiliki oleh negara BUMN juga. Sekarang kapasitasnya 23 persen, pada 2024 mencapai 50 persen," sebutnya.

Jika sudah ada 10 pabrik sawit di KEK itu, Budi Karya mengatakan akan turut menguntungkan bagi Pelabuhan Kuala Tanjung. Budi memprediksi keuntungan dari adanya 10 pabrik kelapa sawit itu untuk pelabuhan mencapai Rp 300 miliar.

"Artinya kapasitas dari Sei Mangkei mencapai 20 persen, dibangun 10 pabrik dan tentu curah cair itu akan diangkut dari Kuala Tanjung," sebut Budi.

"Begitu tambahan 10 pabrik yang ada di Sei Mangkei, paling tidak 200 sampai 300 miliar income untuk Kuala Tanjung," sambungnya.

Untuk mendukung hal itu, maka akan terus dilakukan pengembangan Pelabuhan Kuala Tanjung. Prosesnya kini disebut masih terus berlangsung.

"Kalau bicara persentase sebenarnya ini baru kira kira 20 persen dari masterplan. Nanti akan ada, ini adalah satu pelabuhan curah cair, sedangkan pelabuhan curah padat ada di selatan yang 80 persen," jelasnya.



Simak Video "Warga Batu Bara Bikin 'Kuburan' Protes Jalan Rusak"
[Gambas:Video 20detik]
(afb/dpw)