Zulkifli Hasan Janji Agustus Harga TBS Rp 2.400/Kg

Jeka Kampai - detikSumut
Senin, 08 Agu 2022 07:34 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat meninjau pabrik minyak hoteng di Padang. Foto: Jeka Kampai/detiksumut
Foto: Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat meninjau pabrik minyak hoteng di Padang. Foto: Jeka Kampai/detiksumut
Padang -

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menjanjikan harga Tandan Buah Segar (TBS) pada akhir Agustus 2022 ini akan berada di atas Rp 2.400/Kg. Zulkifli mengaku sudah mendapatkan laporan bahwa saat ini di Riau dan Jambi, harga kelapa sawit sudah di atas Rp 2 ribu.

Di Riau harga sawit sudah Rp 2.134/Kg. Sementara di Jambi Rp 2.046/Kg.

"Nanti kalau Permenko sudah siap, harga TBS bisa di atas Rp 2.400, dan bisa naik lagi," terangnya saat meninjau pabrik dan gudang salah satu perusahaan minyak goreng di Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Minggu (7/8/2022)


Zulkifli mengatakan dengan menunda pungutan ekspor, sudah meringankan biaya pengusaha untuk menjual Crude Palm Oil (CPO) ke luar negeri. Akhir-akhir ini pengusaha tidak bisa mengekspor sehingga stok mereka penuh. Biasanya mereka harus mengekspor 3 juta CPO sebulan.

Menurutnya, peran pemerintah dalam mengakomodir urusan harga sawit ini adalah membantu pengusaha dan juga masyarakat sebagai konsumen minyak goreng.

Untuk memudahkan pengusaha, pemerintah telah menunda pungutan ekspor senilai 200 dolar AS untuk setiap ton. Zulkifli juga mengklaim harga minyak goreng saat ini sudah stabil.

"Harga minyak goreng sekarang sudah stabil. Tinggal Papua dan Maluku akan saya banjiri minyak goreng 1.000 ton. Sampai 3.000 ton untuk satu bulan," katanya.

Zulkifli menegaskan di seluruh Indonesia harga paling tinggi minyak goreng curah adalah Rp 14 ribu. Selain minyak curah yang diproduksi oleh swasta, juga Minyak Kita yang merupakan minyak kemasan sederhana yang produksinya bekerja sama dengan pemerintah.

"Nanti semua nya dijual Rp 14 ribu. Semuanya minyak curah dan minyak kita," ujar Zulhas.

Zulhas menyebut PR utama nya sebagai Mendag dari Presiden Jokowi adalah menstabilkan harga minyak goreng dan harga CPO atau harga minyak sawit.



Simak Video "Minyakita Tiba di Papua Barat dengan Harga Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(bpa/bpa)