Sumatera Selatan

Sempat Terhenti karena Listrik Putus, LRT Sumsel Kembali Beroperasi

Raja Adil Siregar - detikSumut
Selasa, 05 Jul 2022 12:02 WIB
Rini Jajal LRT Palembang
LRT Palembang. (Foto: Fadhly F Rachman)
Palembang -

Operasional Light Rail Transit (LRT) di Palembang, Sumatera Selatan sempat terhenti gara-gara listrik putus akibat gangguan gardu induk PLN. Namun saat ini operasional sudah kembali normal.

"Hari ini LRT Sumsel kembali beroperasi normal seperti biasa. Operasional LRT Sumsel yang tergantung dengan adanya aliran listrik dan berada di ketinggian atau elevated track, tentunya ini diperlukan penanganan khusus apabila terjadi kondisi darurat," kata Kabag Humas PTKAI Divre III Palembang, Aida Suryanti, Selasa (5/7/2022).

Aida menjelaskan adanya gangguan listrik PLN yang terjadi semalam menyebabkan jalur atau third rail mati. Sehingga kereta tak dapat berjalan mengantar penumpang sampai ke tujuan akhir.


"Evakuasi penumpang menuju stasiun terdekat dari tempat kejadian dilakukan dengan menyusuri jalur keadaan darurat atau emergency walkway yang berada di pinggir jalur LRT. Jalur ini memang didesain apabila terjadi kondisi darurat," kata Aida.

Aida menegaskan kembali sebelum proses evakuasi petugas telah memastikan kondisi power atau sistem kelistrikan di jalur sudah aman. Termasuk petugas juga ikut memandu proses tersebut.

Dalam kesempatan itu, Aida menjelaskan memasuki libur sekolah dan pelaksanaan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) ke VI Palembang, penumpang LRT Sumsel mengalami peningkatan. Di mana selama sepekan total penumpang yang menggunakan LRT Sumsel selama periode tersebut sejumlah 96.075 dengan rata-rata penumpang harian sebanyak 12.009.

Sejak dimulainya libur sekolah, jumlah penumpang LRT Sumsel atau LRT Palembang mengalami tren kenaikan pada Minggu (26/6). Jumlah penumpang mencapai 13.982 ditambah dengan adanya FORNAS VI yang berlangsung tanggal 1-7 Juli 2022, pengguna LRT juga meningkat.

"Tercatat jumlah penumpang sebanyak 14.255 dan hari Minggu (3/7) terdapat 16.804 masyarakat yang menggunakan LRT Sumsel," katanya.

Simak Video 'Penumpang LRT Palembang Jalan Kaki Gegara Listrik Padam':

[Gambas:Video 20detik]



(ras/dpw)