Empat KPU Kabupaten Kota di Kepri Usulkan Penataan Dapil

Kepulauan Riau

Empat KPU Kabupaten Kota di Kepri Usulkan Penataan Dapil

Alamudin Hamapu - detikSumut
Sabtu, 26 Nov 2022 23:32 WIB
Ketua KPU Provinsi Kepri, Sriwati.(Dok Sriwati).
Foto: Ketua KPU Provinsi Kepri, Sriwati.(Dok Sriwati).
Batam -

Empat kabupaten kota di Provinsi Kepri mengusulkan penataan Daerah Pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi DPRD jelang pemilu. Saat ini pengajuan pengusulan Dapil dalam tahap sosialisasi dan mengumpulkan tanggapan masyarakat.

"Kabupaten kota yang mengajukan penataan Dapil yakni Kota Batam, Kabupaten Karimun, Kabupaten Tanjungpinang dan Kabupaten Lingga. Yang tidak ada perubahan untuk Bintan, Natuna dan Anambas. Ada penataan Dapil dan alokasi kursi sesuatu prinsip-prinsip penataan Dapil," Kata Ketua KPU Provinsi Kepri Sriwati, Sabtu (26/11/2022).

Usai pengumuman dan mendapatkan tanggapan dan masukan dari masyarakat terhadap rancangan penataan Dapil dan alokasi kursi DPRD akan dilakukan uji publik lalu akan diputuskan oleh KPU.


"Setelah diumumkan nanti ada uji publik, dulu. Setelah uji publik dan akan ditetapkan KPU. Saat ini pengumuman dan meminta tanggapan masyarakat baru uji publik," ujarnya.

Sri menjelaskan bahwa daerah yang mengajukan penetapan Dapil itu berpatokan pada Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilu, kabupaten dan kota.

"Tapi dalam penetapan tidak ada pengajuan penambahan kursi. Hanya penyusunan Dapil sesuai dengan letak geografis. Penyusunan Dapil ini berdasarkan 7 prinsip yakni Kesetaraan nilai suara, Ketaatan pada sistem pemilu proporsional, Proporsionalitas, Integralitas wilayah, Coterminous, kohesivitas dan Kesinambungan," ujarnya.

"Contohnya perubahan Dapil seperti Batam mengajukan dua opsi pertama yakni Batam 1 ada 12 kursi, Dapil Batam 2 ada 7 kursi, Dapil Batam 3 ada 9 kursi, Dapil Batam 4 ada 9 kursi, Dapil Batam 5 ada 6 kursi, Dapil Batam dan 6 ada 7 kursi. Opsi rancangan kedua Dapil Batam 1 itu ada 12 kursi, Dapil Batam 2 ada 7 kursi, Dapil Batam 3 ada 5 kursi, Dapil Batam 4 ada 4 kursi, Dapil Batam 5 ada 9 kursi, Dapil Batam 6 ada 6 kursi, Dapil Batam 7 ada 7 kursi. Itu juga terjadi di kabupaten dan kota lainnya," tambahnya.

Untuk tahapan pemilu saat ini tahapan pemilu memasuki verifikasi perbaikan data partai politik yang belum memenuhi syarat. Pada 14 Desember 2022 mendatang KPU RI akan menetapkan partai peserta pemilu. Pembentukan badan adhoc juga mulai dilakukan.

"Saat ini badan adhoc seperti PPK mulai tanggal 20 kemarin. Sejauh ini tidak ada kesulitan di daerah terluar. Karena kita pakai sistem untuk perekrutan. Sejauh ini Kepri belum ada kendala, baik Natuna, Anambas Lingga," ujarnya.



Simak Video "Balita di Batam Tewas Usai Ditinju dan Dibanting Pacar Ibunya"
[Gambas:Video 20detik]
(bpa/bpa)