Top, UIN STS Jambi Masuk Daftar 25 Kampus Terbaik Versi THE WUR 2023

Jambi

Top, UIN STS Jambi Masuk Daftar 25 Kampus Terbaik Versi THE WUR 2023

Ferdi Almunanda - detikSumut
Rabu, 12 Okt 2022 21:48 WIB
Gedung UIN STS Jambi
Foto: Istimewa
Jambi -

Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Thaha Saifuddin Jambi masuk dalan 25 kampus terbaik versi 'Time Higher Education (THE) Word University Ranking (WUR)' pada kelompok reporter. Times Higher Education (THE) mengumumkan daftar universitas terbaik dengan menilai kampus dengan penelitian intensif di semua misi intinya.

"Saat ini UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi berada pada urutan 24 dari 25 TOP Perguruan Tinggi Indonesia versi THE 2022-2023. Dalam laporan THE 2022 untuk ranking 2023 ini terdapat 1799 universitas di dunia dari 104 negara yang memenuhi syarat masuk ranking dan kelompok reporter sebagai mana terlampir," kata Rektor UIN STS Jambi, Prof Suaidi kepada detikcom, Rabu (12/10/2022).

Suaidi menyebutkan saat ini UIN STS Jambi masih perlu meningkatkan aspek penilaian lainnya menjelang submit tahun depan terutama pada bidang penelitian dan publikasi.


"Karena itu, kami mengimbau kepada para dosen untuk bersama-sama meningkatkan jumlah penelitian dan publikasi kita. Kita baru bisa masuk dalam kelompok tanpa pengeculian (reporter) apabila jumlah publikasi kita minimal 1000 dalam 5 (lima) tahun yang terindeks Elsevier dan atau Scopus," ujar Rektor UIN STS Jambi itu.

Menurut Suadi, masuknya UIN STS Jambi dalam 25 Top Perguruan Tinggi Indonesia versi THE WUR 2023 yakni dengan menilai aspek penilaian ranking seperti teaching, research, knowledge transfer dan international outlook. Sementara saat ini UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi jelas Suadi yang masih kurang nilainya adalah bidang penelitian dan publikasi.

"Kita mengucapkan terima kasih banyak kepada Wr 1 dan anggota Tim Borang perankingan Dunia UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, diantaranya Imam Arifaillah Saifuld Huda (Imam), Ahmad Syukron Prasaja, Bayu Kurniwan dan kawan-kawan serta pejabat, seluruh dosen dan seluruh karyawan lainnya di lingkungan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi yang telah dan sedang bekerja terus untuk meningkatkan performance ranking UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi di pentas nasional dan dunia," jelas Suadi.

Suadi mengatakan jika saat ini perubahan besar sejarah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi sedang masuk dalam perubahan besar di sejarah kampus di Jambi. Bahkan dengan masuknya UIN STS Jambi dalam daftar 25 TOP Perguruan Tinggi Indonesia versi THE 2022-2023 merupakan suatu kebanggaan baik di pentas nasional dan dunia.

"Kami menunggu partisipasi seluruh dosen untuk meningkatkan kinerja penelitian dan publikasinya. Mari kita bersama-sama menciptakan dan mempertahankan aura positif UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi yang kita cintai dan tempat kita bekerja serta yang akan kita warisi kepada orang-orang setelah kita nanti," sebut Saudi.

Sementara, Ketua DPRD Jambi, Edi Purwanto mengatakan bahwa dirinya sangat bangga atas prestasi yang ditorehkan oleh Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifudin Jambi. Sebagai wakil rakyat yang juga alumni dari UIN Jambi bahwa Universitas Islam Negeri STS Jambi sudah memiliki kemajuan yang sangat luar biasa.

"Tentu kita bangga dan mengapresiasi prestasi tersebut," kata Edi kepada detikcom.

Namun, menurut Ketua DPRD Jambi itu meski UIN STS Jambi telah mendapatkan prestasi, tentunya tidak boleh terlalu cepat puas lantaran masih banyak tugas UIN STS Jambi kedepannya. Dia pun yakin bahwa UIN STS Jambi dibawah naungan Rektor saat ini terus memiliki kemajuan yang baik nantinya.

"Yang jelas kita tidak boleh terlalu cepat puas, masih banyak tugas UIN STS Jambi kedepan terutama kaitannya dengan tridarma perguruan tinggi," ujar Edi.

(ncm/ega)