Tak Hanya Jalan Rusak, Desa Way Haru Tak Pernah Dialiri Listrik

Lampung

Tak Hanya Jalan Rusak, Desa Way Haru Tak Pernah Dialiri Listrik

Tommy Saputra - detikSumut
Selasa, 04 Okt 2022 18:30 WIB
Seorang wanita ditandu melewati jalan rusak ke puskesmas.
Foto: Istimewa/tangkapan layar
Lampung -

Seorang wanita warga Desa Haru, Kecamatan Bengkunat, Pesisir Barat, Lampung yang sakit ditandu oleh sejumlah warga dengan berjalan sejauh 18 kilometer untuk dibawa ke Puskesmas. Videonya pun viral di media sosial.

Wanita bernama Satinah ini terpaksa ditandu lantaran kondisi jalan yang tidak bisa dilalui kendaraan roda 4.

Tak hanya akses jalan yang rusak, warga disana juga selama puluhan tahun belum merasakan aliran listrik dikediaman mereka.


Seorang warga, I Wayan Sudana, kepada detikSumut mengatakan selain akses jalan selama bertahun-tahun yang tak kunjung diperbaiki, di Desa Way Haru juga tidak pernah dialiri listrik selama bertahun-tahun.

"Soal ibu Satinah yang ditandu sejauh 18 kilometer hanya untuk pergi ke Puskesmas itu sedikit cerita kehidupan kami di sana. Selain jalan yang rusak parah dan tak pernah diperbaiki, selama puluhan tahun tempat tinggal kami juga nggak ada aliran listrik, saya di sana sudah tinggal selama 20 tahun," kata Wayan saat dihubungi, Selasa (4/10/2022).

Wayan mengatakan jalan tersebut pernah ada wacana untuk dibaguskan. Namun hingga sekarang perbaikan jalan itu dibatalkan.

"Ini kan jalannya di lahan milik TNBBS, punya Kementrian Kehutanan. Dulu itu pernah dikasih jalan dengan lebar 2 meter untuk diperbaiki, namun batal karena dari pemerintah daerah sini malah melebihkan jalan itu dari kesepakatan yang ada," terang dia.

Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal belum memberikan jawaban saat dihubungi dihubungi detikSumut. Sementara itu, Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim saat dihubungi mengatakan wilayah tersebut masuk jalan Pemerintah Daerah Pesisir Barat.

"Itu masuk jalan daerah, bukan provinsi. Namun saya akan berkordinasi dengan Pemerintah Daerah Pesisir Barat terkait hal ini," kata wanita yang akrab disapa Nunik itu.

Sebelumnya, Seorang wanita yang dalam kondisi sakit di Desa Way Hayu terpaksa ditandu warga ke puskesmas. Akses jalan yang rusak membuat wanita tersebut terpaksa ditandu selama lima jam untuk sampai ke puskemas.

Video yang merekam kejadian itu bahkan viral di media sosial. Saking rusaknya jalan di sana, seorang warga yang ikut menandu wanita itu sempat terjatuh.

Dalam video terlihat kondisi jalan yang penuh lumpur dan lubang menyulitkan warga yang menandu wanita yang diketahui bernama Satinah itu. Warga menandu Satinah dengan alat seadanya, sebatang bambu dan kain sarung.



Simak Video "Momen Warga Lampung Ditandu 5 Jam Lewati Jalan Rusak ke Puskesmas"
[Gambas:Video 20detik]
(afb/afb)