Gubsu Edy Ungkap Kriteria Lulusan Akmil yang Bakal Jadi Jenderal

Gubsu Edy Ungkap Kriteria Lulusan Akmil yang Bakal Jadi Jenderal

Tim detikSumut - detikSumut
Selasa, 04 Okt 2022 17:34 WIB
Gubsu Edy Rahmayadi
Foto: Gubsu Edy Rahmayadi (Arfah/detikSumut)
Medan -

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengungkap kriteria lulusan akademi militer (Akmil) yang nantinya akan menjadi jenderal. Apa saja?

Edy menyampaikan hal itu saat menghadiri acara wisuda mahasiswa Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam, Selasa (4/10/2022). Edy awalnya menyampaikan soal 20 persen lulusan Akmil bakal jadi jenderal.

"Jadi kalau tentara, tentara itu 20 persen lulusan setiap tahunnya, pada masanya, letingnya, itu jadi jenderal, tapi 20 persen," ucap Edy dalam acara itu.


Edy yang merupakan lulusan Akabri tahun 1985 kemudian menjelaskan kriteria 20 persen yang bakal jadi jenderal itu. Edy menyebut mereka yang jadi jenderal adalah lulusan terbaik pertama hingga terbaik 30.

"20 persen kalau tentara itu rangking satu sampai rangking 30. Itu garansi," sebutnya.

Kemudian, Edy menjelaskan ada yang hal bisa membuat lulusan terbaik itu gagal untuk menjadi jenderal. Para lulusan terbaik itu akan gagal menjadi jenderal jika kawin lagi hingga membuat pelanggaran lainnya.

"Kecuali dia kawin lagi, dia mencuri, dia membuat pelanggaran," tutur mantan Pangkostrad itu.

Seperti halnya dirinya, Edy mendapatkan pangkat jenderal bintang tiga karena merupakan salah satu dari tiga puluh besar lulusan.

"Saya baru tahu dari 25 tahun yang lalu, 32 tahun yang lalu, bahwa saya memang sudah disiapkan untuk menjadi seorang Pangkostrad, saya baru tahu itu, setelah saya jadi Pangkostrad. Jadi jauh-jauh hari mereka sudah menyiapkan itu," jelasnya.



Simak Video "Edy Rahmayadi Resmikan KPT Parbuluan"
[Gambas:Video 20detik]
(afb/afb)