Makna di Balik Momen NasDem Deklarasi Anies dan Jokowi Bareng Ganjar

Nasional

Makna di Balik Momen NasDem Deklarasi Anies dan Jokowi Bareng Ganjar

Tim detikNews - detikSumut
Selasa, 04 Okt 2022 09:35 WIB
Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.
Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. (Dok. detikcom)
Jakarta -

Partai NasDem mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024. Saat pengumuman itu berlangsung ternyata Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Deklarasi Anies sebagai capres dilakukan di markas Partai NasDem, Senin (3/10) kemarin. Di hari itu juga Presiden Jokowi sedang berkegiatan bersama Ganjar di Batang.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, pun mencoba menerka keterkaitan dua momen tersebut. Menurutnya, pertemuan Jokowi dengan Ganjar di kala Anies dicapreskan memang menuai spekulasi publik.


"Sekilas tak ada kaitannya antara NasDem deklarasi Anies sebagai capres 2024 dengan kunjungan Jokowi ke Batang, Jateng yang ditemani Ganjar dan tak mau merespons isu pencapresan Anies," kata Adi dilansir detikNews, Selasa (4/4/2022).

Hanya saja, kata dia, persepsi publik tentang dua kegiatan yang berbeda itu memiliki kaitan tidak dapat dihindari.

"Tapi publik terus mengaitkan dua peristiwa politik berbeda itu saling terkait. Bahkan syarat dengan kode keras persaingan politik 2024," imbuhnya.

Dia menilai kebersamaan Jokowi dan Ganjar saat NasDem mendeklarasikan Anies sebagai capres bisa diartikan Presiden Jokowi mendukung Ganjar.

"Ketika NasDem deklarasi Anies secara tak langsung Jokowi sebenarnya ingin tegaskan punya jagoan di pilpres yakni Ganjar. Gosip Jokowi dekat dengan Ganjar sudah jadi rahasia umum. Tak perlu lagi ditutup-tutupi," tuturnya.



Simak Video "PKB Nggak Yakin Ada Partai yang Mau Usung Anies Nyapres"
[Gambas:Video 20detik]
(astj/astj)