Sempat Padam gegara Gempa, Listrik di Taput Kembali Normal

Sempat Padam gegara Gempa, Listrik di Taput Kembali Normal

Farid Achyadi Siregar - detikSumut
Minggu, 02 Okt 2022 12:01 WIB
Kerusakan akibat gempa Tapanuli Utara.
Foto: Dok. BPBD Tapanuli Utara.
Medan -

Listrik di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) yang sempat padam seharian karena gempa bermagnitudo 6,0 kini sudah kembali normal. Sudah lebih dari 81 Ribu masyarakat yang listriknya padam akibat gempa kini sudah kembali normal.

"Pasca terjadinya gempa kami langsung turun ke lapangan untuk melihat kondisi jaringan dan melakukan perbaikan. Kurang dari 24 jam, pemulihan sudah hampir 100 persen," ucap Manager ULP Pelayanan Sibolga, Darwin Simanjuntak, Minggu (2/10/2022).

Namun ia juga tidak memungkiri bahwa ada beberapa daerah yang masih belum bisa dilakukan perbaikan. Pasalnya, akses jalan menuju ke lokasi belum bisa untuk dilewati. Dia menyebut jalan yang sulit untuk dilewati tersebut tertutup longsor akibat gempa yang terjadi.


"Ada beberapa daerah yang aksesnya tertutup longsor akibat gempa. Setelah aksesnya bisa dilalui dan dinyatakan aman, kami akan segera memperbaiki jaringan listriknya," tambah Darwin.

Dalam memperbaiki infrastruktur listrik di Kabupaten Taput pasca gempa, dia menyebut lebih dahulu memprioritaskan untuk unit pelayanan publik dahulu. Seperti rumah sakit, puskesmas, dan rumah ibadah.

Ardyansyah Damanik, warga Kecamatan Tarutung, Kabupaten Taput mengatakan saat ini listrik di daerahnya sudah kembali normal, setelah seharian pasca gempa mati total.

"Sempat lama juga matinya, dari pasca gempa, karena Sabtu sore saja belum hidup, tapi yang terpenting udah hidup lah," kata Ardi.



Simak Video "Dampak Gempa M 5,8 Tapanuli Utara: 1 Orang Tewas, 5 Bangunan Roboh"
[Gambas:Video 20detik]
(afb/afb)