5 Tips untuk Hasilkan Foto Keren Saat Traveling

5 Tips untuk Hasilkan Foto Keren Saat Traveling

Tim detikSumut - detikSumut
Minggu, 02 Okt 2022 09:30 WIB
Salah satu karya Nikko Ilham (Foto: Dok. Pribadi)
Salah satu karya Nikko Ilham (Foto: Dok. Pribadi)
Medan -

Setiap orang tentu ingin mendapatkan foto keren saat pergi traveling. Foto itu akan jadi pengingat jika Anda sudah pernah traveling ke tempat tersebut.

Nikko Ilham, konten kreator sekaligus fotografer profesional di Kota Medan, berbagi lima tips untuk Anda yang hobi traveling agar bisa mendapatkan foto yang bagus. Jangan lupa dicatat!

1. Bangun Pagi

Ilham berpendapat jika pergi seorang yang pergi traveling harus bisa bangun pagi. Dia bilang hal itu wajib dilakukan apabila ingin mendapatkan foto yang berkualitas atau bagus.


"Kayak bisa dibilang wajib (bagun pagi), karena di Indonesia itu matahari pagi terbatas, paling bagus dari setengah 7 sampe jam 9 aja. Makanya kalau bisa bangun pagi," ujar Niko dalam perbincangan di Medan, Sabtu (1/10/2022).

2. Tahu Arah Cahaya

Sebelum memotret, dia berpesan agar cahaya matahari diperhatikan terlebih dahulu. Sebab, itu akan membantu menghasilkan foto yang baik.

"Jangan asal motret, nanti backlight, apalagi pakai smartphone kan," turunya.

Untuk bisa mendapatkan kualitas yang baik, kata Nikko, tidak harus dengan kamera. Smartphone yang ada saat ini dan dipakai banyak orang, dia bilang bisa juga menghasilkan foto yang bagus.

"Asal tahu tekniknya, dan tipsnya. Kualitas yang dihasilkan smartphone tidak kalah bagus," sebut dia.

Karya Nikko Ilham saat pergi traveling (Foto: Dok. Pribadi)Karya Nikko Ilham saat pergi traveling (Foto: Dok. Pribadi)

3. Komposisi Foto

Nikko menjelaskan ada beberapa teknik yang bisa dipelajari untuk mendapatkan hasil foto yang bagus. Karena fotografi adalah seni, maka Nikko bilang ada beberapa hal yang patut diperhatikan.

"Ada tekniknya. Karena fotografi ini seni, tapi bisa dipelajari meskipun nggak saklek, fleksibel aja, selera aja," jelasnya.



Simak Video "Intip Keseruan Festival 'Serunya Indonesia' dari TikTok"
[Gambas:Video 20detik]