NasDem Sumut Buka Pendaftaran Bacaleg Mulai Besok

NasDem Sumut Buka Pendaftaran Bacaleg Mulai Besok

Tim detikSumut - detikSumut
Jumat, 30 Sep 2022 21:36 WIB
NasDem Sumut membuka pendaftaran bacaleg mulai besok
Foto: NasDem Sumut membuka pendaftaran bacaleg mulai besok (Ahmad Arfah/detikSumut)
Medan -

Partai NasDem Sumatera Utara (Sumut) membuka pendaftaran untuk bakal calon anggota legislatif baik DPRD tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga DPR RI untuk Pemilu 2024 mulai besok. Pendaftaran akan dibuka hingga akhir Desember 2022.

"Mulai tanggal 1 Oktober 2022 sampai 31 Desember 2022," kata Ketua DPW NasDem Sumut Iskandar di Kantor DPW NasDem Sumut, Jumat (30/9/2022).

Iskandar menyebut pendaftaran ini terbuka untuk umum, artinya semua warga negara boleh mendaftar untuk menjadi bacaleg dari NasDem. Para pendaftar tidak akan dikenakan biaya apapun.


"Program ini dilaksanakan tanpa mahar. Tidak ada biaya apapun untuk menjadi calon legislatif dari Partai NasDem," sebut Iskandar.

Iskandar menyebut saat ini sudah banyak yang mendaftar untuk menjadi bacaleg NasDem, utamanya dari kader-kader partai itu. Namun, kata Iskandar, pendaftaran akan tetap dibuka dan nantinya caleg yang akan diusulkan akan disaring sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan oleh NasDem.

"Komposisinya saat ini kita sudah ada 70 persen (bacaleg yang mendaftar). Kita ingin mencari yang terbaik dari yang terbaik," sebutnya.

Bagi yang ingin mendaftar, Iskandar mengatakan dapat mendatangi kantor DPD NasDem kabupaten/kota dan DPW NasDem Sumut. Semua pendaftar yang memenuhi kriteria akan ditampung untuk diseleksi.

Ketua Bappilu NasDem Sumut Salman Ginting mengatakan setelah proses pendaftaran, pihaknya akan melakukan seleksi para pendaftar sebagai bacaleg NasDem. Proses itu akan dilakukan mulai Januari 2023 hingga Maret 2023.

"Januari sampai dengan Maret kita mulai mencek satu persatu yang mendaftar ini untuk menjadi caleg yang nantinya didaftarkan ke KPU," sebutnya.

Salman mengatakan pihaknya juga akan memanggil seluruh DPD NasDem se-Sumut untuk mempersentasekan bacaleg yang mendaftar. Hal ini akan menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan caleg yang nantinya didaftarkan ke KPU.

Sementara itu, Ketua OKK NasDem Sumut Tengku Milwan menyebut para pendaftar nanti bukan hanya dicek rekam jejaknya. Tetapi mereka juga akan memastikan keseriusan para pendaftar untuk duduk di kursi dewan.

"Kami juga memperhatikan orang itu tekadnya untuk menjadi anggota DPRD. Sampai kita melihat kemampuan dia dan motivasinya," jelas Milwan.



Simak Video "Pakai Jas, Anies Hadiri 'NasDem Memanggil' untuk Pemilu 2024"
[Gambas:Video 20detik]
(afb/afb)