Lompat Saat Diperiksa Bea Cukai, ABK Asal Sumut Ditemukan Tewas

Riau

Lompat Saat Diperiksa Bea Cukai, ABK Asal Sumut Ditemukan Tewas

Raja Adil Siregar - detikSumut
Jumat, 30 Sep 2022 16:31 WIB
Proses pencarian ABK asal Sumut yang lompat ke sungai. (Dok. Basarnas)
Proses pencarian ABK asal Sumut yang lompat ke sungai. (Dok. Basarnas)
Pekanbaru -

M Ilham (40) seorang anak buah kapal (ABK), warga Tanjungbalai, Sumatera Utara yang kabur dengan melompat ke sungai Tohor saat diperiksa petugas Bea Cukai akhirnya ditemukan. Dia ditemukan dalam keadaan meninggal dunia setelah empat hari hilang.

"Pencarian terhadap anak buah kapal di Meranti membuahkan hasil. Korban kita temukan kemarin sore," kata Kepala Kantor Basarnas Pekanbaru, I Nyoman Sidakarya, Jumat (30/9/2022).

Nyoman mengatakan korban ditemukan Tim SAR gabungan pada koordinat 0⁰ 46´ 19.55'' N 103⁰ 07' 32.04'' E. Ditemukan di sungai posisi terapung meninggal dunia.


"Ditemukan berjarak 13,52 Nm (25 Km) dari lokasi awal korban dilaporkan hilang. Setelah ditemukan korban dievakuasi ke RSUD Selat Panjang," kata Nyoman.

Setelah ditemukannya korban Operasi SAR kemudian ditutup. Seluruh petugas yang terlibat baik TNI AL, Polairud, masyarakat dan tim Rescue Siaga Meranti kembali ke pos masing-masing.

Informasi diterima detikSumut, hilangnya korban terjadi pada Senin (26/9) kemarin, sekitar pukul 14.00 WIB. Korban adalah ABK kapal KLM Cahaya Indah.

Kapolres Meranti, AKBP Andi Yul menyebut korban melompat saat diperiksa petugas Bea Cukai. Setelah melompat korban pun hilang.

"Lari saat ada pemeriksaan dari Bea Cukai, bukan jatuh," kata Kapolres.

Selain itu, sejumlah ABK juga diamankan dalam operasi Bea Cukai. Mereka yang diamankan telah ditangani petugas Bea Cukai.

"Ada yang diamankan sama Bea Cukai. Itu informasi sementara yang kami terima di lapangan. Bea Cukai menangani," katanya.



Simak Video "Dramatis! Proses Evakuasi Anak Gajah dari Galian di Riau"
[Gambas:Video 20detik]
(ras/astj)