OrangHutan Terpilih Tampil di Puncak AKI, Bawakan Lagu Ragam Bahasa

Aceh

OrangHutan Terpilih Tampil di Puncak AKI, Bawakan Lagu Ragam Bahasa

Agus Setyadi - detikSumut
Rabu, 28 Sep 2022 21:20 WIB
OrangHutan Squad. (Foto: Istimewa)
OrangHutan Squad. (Foto: Istimewa)
Banda Aceh -

Grup musik OrangHutan Squad bakal mewakili Aceh untuk tampil di acara puncak Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022. Mereka akan membawakan lagu dengan beragam bahasa di Serambi Mekah.

Kegiatan AKI 2022 bakal dihelat di AEON BSD, Jakarta, pada Kamis 6 Oktober mendatang. OrangHutan Squad terpilih untuk tampil berdasarkan dari jumlah viewers di aplikasi GoPlay pada kegiatan live panggung apresiasi dan juga penilaian dewan juri, serta tim Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

"Saat perform nanti, kita akan tayangkan beberapa keindahan alam dan tarian-tarian Aceh, termasuk juga latihan dari talent-nya OrangHutan Squad itu sendiri, sehingga harapannya kita bisa maksimal perform di acara puncak AKI," kata Manajer OrangHutan Squad, Wahyudana dalam keterangannya, Rabu (28/9/2022).


Dia mengatakan, OrangHutan Squad bakal membawakan tujuh lagu, dua di antaranya berjudul 'Meusyeuhu' dan 'Pulo'. Untuk single 'Meusyeuhu' menceritakan tentang tokoh dan pahlawan yang ada di Aceh.

Mereka adalah Teuku Cut Ali, Shaikh Abdurrauf As-Singkili, Panglimo Rajo Lelo Syekh Burhanuddin Ulakkan, Malik Ibrahim, Aman Dimot, Tengku Banurullah, Tengku Di Ujung, Panglime Linting, Raja Mude Sedie, Raja Pucook Sulooh dan Sultan Iskandar Muda.

"Meusyeuhu diambil dari bahasa Aceh, yang berarti 'tersohor'. Lagu ini untuk mengenang jasa para tokoh dan pahlawan Aceh," jelasnya.

Lirik lagu 'Meusyeuhu' ini terdapat 12 bahasa, dan 11 di antaranya merupakan bahasa daerah di Aceh. Bahasa itu yakni Bahasa Aceh, Bahasa Singkil, Bahasa Kluet, Bahasa Aneuk Jamee, Bahasa Alas, Bahasa Gayo, Bahasa Simeulue Devayan, Bahasa Simeulue Sigulai, Bahasa Gayo Lues, Bahasa Tamiang Hulu, Bahasa Tamiang Hilir, dan Bahasa Indonesia.

"Ini tugas berat untuk kami sebenarnya, karena mewakili Aceh lewat sektor musik. Ini menjadi PR tersendiri bagi kami, agar benar-benar matang mempersiapkan semuanya. Dengan semangat dan doa, InsyaAllah kita akan berikan yang terbaik," jelas Wahyudana.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Almuniza Kamal, mengapresiasi dan mengucapkan selamat atas torehan prestasi yang diraih grup musik OrangHutan Squad di blantika musik Tanah Air.

Menurut Almuniza, hal ini menandakan bahwa musisi Aceh mulai diperhitungkan di tingkat nasional.

"Selamat buat OrangHutan Squad yang akan tampil di puncak AKI 2022. Kita patut berikan apresiasi kepada anak muda yang bisa membawa nuansa budaya Aceh dalam lagu ciptaan mereka," ujar Almuniza.



Simak Video "Gempa M 5,2 Guncang Banda Aceh, Tak Berpotensi Tsunami"
[Gambas:Video 20detik]
(agse/astj)