Lampung

Bupati Tulang Bawang & Gubernur Lampung Restocking 1 Juta Benih Ikan

Arief Budiman - detikSumut
Rabu, 28 Sep 2022 18:25 WIB
Gubernur Lampung dan Bupati Tulang bawang
Foto: Pemkab Tulang Bawang
Jakarta -

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersama Bupati Tulang Bawang Winarti melakukan restocking 1 juta ekor benih ikan endemik yang dilaksanakan di Cakat, Menggala. Hal ini dilakukan demi mendorong kualitas dan kuantitas ikan di sungai Tulang Bawang.

Arinal menyatakan kegiatan restocking 1 juta ekor benih ikan endemik ini dilaksanakan bukan karena tendensi apapun. Namun secara pribadi ia menyampaikan kekhawatirannya terhadap masa depan perikanan Lampung.

Selain itu, lanjutnya, dahulu beberapa wilayah di Provinsi Lampung, yang salah satunya adalah Kota Menggala, merupakan penghasil ikan air tawar kualitas wahid seperti Belida, Jelabat, dan sebagainya. Namun ikan-ikan tersebut kini semakin sulit ditemukan. Menurutnya, jika hal ini tidak segera disikapi generasi yang akan datang mungkin tidak akan bisa menikmati ikan di wilayah tersebut.


"Ikan dari Perairan Tulang Bawang sangat terkenal enak dan besar-besar, saya pernah mendapat ikan belida besar yang di dalamnya ada telurnya. Dan itu rasanya sangat lezat tidak ada bandingannya," ujar Arinal dalam keterangan tertulis, Rabu (28/9/2022).

Lebih lanjut, kata dia, restocking ini adalah upaya memperbanyak ikan yang ada di sungai Tulang Bawang. Ia mengatakan selama ini upaya yang dilakukan hanya sebatas sosialisasi jangan sampai ada nelayan menggunakan setrum, pukat, racun ikan dan sebagainya. Namun menurutnya hal tersebut akan menjadi percuma jika jumlah ikan yang ada tidak diperbanyak.

"Semoga upaya ini membawa manfaat bagi nelayan dan seluruh masyarakat Lampung yang sangat menggemari Kuliner berbasis Ikan air Tawar," ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Winarti mengucapkan terima kasih kepada Arinal yang telah memilih Kabupaten Tulang Bawang sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan ini. Ia berharap semoga kegiatan ini membawa manfaat yang luar biasa bagi perkembangan dunia perikanan Kabupaten Tulang Bawang dan Provinsi Lampung.

"Tahun kemarin kami juga melaksanakan restocking di Tangga Raja Ujung Gunung Menggala dan sekarang kami alihkan ke Cakat. Hal ini sudah terlebih dahulu dikonsultasikan dengan Kadis Perikanan Provinsi lampung Mbak lisa dan kami sepakat melaksanakan restocking di tempat ini supaya terjadi pemerataan dalam upaya peningkatan kualitas dan kuantitas ikan endemic di way Tulang Bawang," ujar Winarti.

Selain itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada Arinal yang selalu semangat bersinergi dengannya dalam upaya meningkatkan infrastruktur Kabupaten Tulang Bawang.

"Tahun 2023 jalan exit toll Lambu Kibang yang sebenarnya berposisi di Kabupaten Tubaba namun juga berakses ke Kabupaten Tulang Bawang sudah disetujui untuk diperbaiki. Hal ini menjadi luar biasa bagi seluruh masyarakat Kabupaten Tulang Bawang," ucap Winarti.

"Kabupaten Tulang Bawang melalui 25 Program BMW Tulang bawang yang pro rakyat selalu berjuang mewujudkan kesejahteraan rakyatnya. P3K Guru sudah diprioritaskan, fasilitas pelayanan masyarakat dipenuhi dan ditingkatkan sehingga semua bisa berjalan dengan luar biasa dan saya harap semua bisa bersinergi serta gotong royong membangun Sai Bumi Nengah Nyappur menjadi daerah yang semakin maju dan semakin makmur," pungkasnya.

Sebagai informasi, kegiatan acara yang bertajuk 'Mewujudkan sumber daya Perikanan Lestari untuk Lampung Berjaya dan Indonesia Maju' ini menyita banyak kalangan untuk hadir dan menyaksikan kegiatan tersebut. Turut hadir Anggota DPR RI Ir Hanan A Rozak, Dirjen Perikanan Republik Indonesia, Bupati/Walikota Se- Provinsi Lampung, Para Pejabat Tinggi Pratama Provinsi Lampung, Forkopimda Kabupaten Tulang Bawang, Pejabat Tinggi Pratama Kabupaten Tulang Bawang serta para Tokoh adat Megou Pak Tulang Bawang.



Simak Video "Melihat Panen Ikan Pedih di Takengon Aceh"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/ega)