Sosok Abu Tumin, Pelita Masyarakat Serambi Mekah yang Telah Tiada

Aceh

Sosok Abu Tumin, Pelita Masyarakat Serambi Mekah yang Telah Tiada

Agus Setyadi - detikSumut
Rabu, 28 Sep 2022 12:56 WIB
Ulama Aceh Abu Tumin (Foto: Istimewa)
Abu Tumin (Foto: Istimewa)
Banda Aceh -

Ulama Karismatik Aceh Teungku Muhammad Amin atau lebih dikenal Abu Tumin Blang Blahdeh meninggal dunia. Abu Tumin termasuk ulama berpengaruh dan menjadi pelita bagi masyarakat Serambi Mekah.

Abu Tumin wafat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Fauziah, Bireuen, Selasa (28/9/2022) sore. Abu meninggal dunia pada usia 90 tahun setelah sempat dirawat.

Abu Tumin merupakan pimpinan pondok pesantren Dayah Al Madinatuddiniyah Babussalam Blang Bladeh, Bireuen. Almarhum dimakamkan pagi tadi di kompleks pesantren yang dipimpinnya.


Proses pemakaman disebut dihadiri ribuan pelayat. Masyarakat Aceh berdatangan ke pesantren tersebut sejak kabar Abu Tumin wafat tersebar di media sosial.

Wakil Ketua DPR Aceh Safaruddin mengenang Abu Tumin sebagai salah satu ulama yang banyak memberikan sumbangsih pemikiran terhadap arah pembangunan Aceh. Abu Tumin juga sosok yang menjadi tempat bertanya dan panutan.

"Ada banyak petuah-petuah Abu yang menjadi pedoman bagi kita. Beliau adalah pelita iman dan ilmu bagi kita. Hari ini pelita itu telah tiada," kata Safaruddin kepada wartawan, Rabu (28/9/2022).

Safar mengajak masyarakat Aceh untuk sama-sama mendoakan agar almarhum husnul khatimah dan dimudahkan hisabnya. "Keluarga yang ditinggalkan agar tabah, terutama kepada anggota DPRA dari PNA, Tgk Haidar yang merupakan putra Abu Tumin," jelas Sekretaris Partai Gerindra Aceh ini.

Dilihat detikSumut dari Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Sejarah FKIP USK berjudul 'Abu Tumin: Biografi Ulama Dayah Aceh' yang ditulis Muammar, dkk, Abu Tumin lahir di Bireuen, Aceh pada 17 Agustus 1932.

Abu Tumin berasal dari kalangan keluarga yang dikenal alim. Kakeknya Teungku Hanafiah merupakan pendiri balai pengajian yang kemudian berubah nama menjadi Dayah Madinatuddiniyah Babussalam setelah dipimpinnya.

Abu Tumin Sering Memberikan Pendapat Saat Konflik GAM. Selengkapnya di Halaman Berikutnya..



Simak Video "Gempa M 5,2 Guncang Banda Aceh, Tak Berpotensi Tsunami"
[Gambas:Video 20detik]