Sumatera Barat

Mengenang Hatta: Tak Sekedar Proklamator, Tapi Juga Tokoh Islam

Jeka Kampai - detikSumut
Selasa, 16 Agu 2022 21:10 WIB
Foto Muhammad Hatta dan keluarga yang terpajang di rumah kelahirannya di Bukittinggi
Foto: Foto Muhammad Hatta dan keluarga yang terpajang di rumah kelahirannya di Bukittinggi (Jeka Kampai/detikSumut)
Bukittinggi -

Salah satu nama yang tidak bisa dilepaskan dari sejarah kemerdekaan Indonesia adalah Doktor Muhammad Hatta. Bung Hatta, demikian ia akrab disapa, adalah tokoh Proklamator. Bersama Bung Karno, Hatta memproklamirkan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Bung Hatta lahir dan menghabiskan masa kecilnya di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Rumah kelahiran Hatta berada di jantung kota Bukittinggi, tak sampai berkilo-kilometer dari ikon Jam Gadang.

Rumah dua lantai itu menggunakan struktur kayu, yang terdiri dari bangunan utama, pavilion, lumbung padi, dapur dan kandang kuda. Bangunan utama berfungsi untuk menerima tamu, ruang makan keluarga, dan kamar ibu, paman, serta kakek Bung Hatta. Sedangkan pavilion berfungsi sebagai kamar tidur Bung Hatta kecil.


Di rumah ini, Hatta tinggal hingga berusia 11 tahun, sebelum melanjutkan sekolah menengah di meer uitgebred lager onderwijs atau MULO di Kota Padang. Walaupun durasi tinggal di rumah kelahirannya di Bukittinggi relatif singkat, namun dalam sejarahnya, suasana dari kehidupan rumah ini memberikan kenangan yang mendalam serta berperan besar dalam pembentukan watak Hatta.

"Rumah asli sesungguhnya sudah runtuh pada tahun 1960-an. Namun dibangun ulang pada tahun 1994. Kepemilikan lahan juga sempat berpindah tangan kepada salah satu saudagar yang tinggal di sebelah rumah ini, tapi kemudian dibeli lagi oleh pemerintah," kata Vinny Marlinda, salah satu pemandu di rumah kelahiran Hatta.

Menurut Vinny, sebagian besar perabotan di dalam rumah masih asli dari peninggalan masa kecil Bung Hatta, yang diperoleh dari keluarga dan kerabat. Begitupun tata letak perabotan tersebut masih dipertahankan di tempat asalnya.

"Namun yang paling asli dari rumah kecil Bung Hatta ini adalah sumur tua yang sekarang ada di dalam kamar kelahiran. Air sumur masih kita manfaatkan saat ini," katanya.

Rumah kelahiran yang sudah dijadikan museum ini menyajikan banyak informasi tentang Hatta, mulai dari silsilah keturunan hingga foto-foto sejarah perjuangan hidup Bung Hatta dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia dari penjajahan Belanda dan Jepang.

Budayawan menyebut Hatta adalah tokoh Islam, baca selengkapnya di halaman berikut....