Edy Rahmayadi Ajak Warga Bersepeda untuk Jaga Kesehatan Jantung

Edy Rahmayadi Ajak Warga Bersepeda untuk Jaga Kesehatan Jantung

Kartika Sari - detikSumut
Minggu, 25 Sep 2022 16:25 WIB
Gubsu Edy saat melepas rombongan pesepeda di Medan
Foto: Gubsu Edy saat melepas rombongan pesepeda di Medan (Istimewa)
Medan -

Ratusan peserta gowes sepeda begitu antusias dalam ikuti rangkaian kegiatan Indonesia Heart Bike 2022. Acara yang digagas Yayasan Jantung Indonesia (YJI) ini untuk memperingati Hari Jantung se-dunia.

Dimulai pada pukul 06.00 WIB, para peserta mulai start dan finish di Aula Tengku Rizal Nurdin yang dibuka langsung oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Minggu (25/9/2022).

"Jadikanlah olahraga seperti sepeda ini menjadi life style dalam hidup kita sehingga kita bisa dapat sehat semuanya," kata Edy saat acara.


Dalam gowes sehat ini, peserta dapat memilih dua kategori yaitu kategori 10km dan 20km.

Indonesia Heart Bike 2022 ini tidak hanya digelar di Kota Medan saja. Namun, serentak hari ini di beberapa kota lainnya seperti Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya.

"Kegiatan ini digelar secara hybrid. Dan kita mendapat kepercayaan untuk ikut menyelenggarakan kegiatan ini, dan di luar Jawa hanya di Sumatera yang menjadi perwakilan Sumatera," ujar Sekjen YJI Sumut Nina Zuliani.

Terkait olahraga sepeda yang diterapkan, Nina mengatakan jika sepeda menjadi olahraga yang dapat dilakukan secara fleksibel dan memilki pengaruh cukup besar untuk kesehatan jantung.

"Sepeda ini olahraga paling gampang. Gowes sepeda ini akan membiasakan kita berolahraga dengan gembira. Kan sepeda ini bisa dengan keluarga, dan kapan saja bisa kita lakukan. Kalau dulu YJI ini fokus ke senam tapi kan harus ada waktu tertentu, nah kalau sepeda ini lebih gampang untuk atur waktunya," jelas Nina.

Selain sepeda santai, Indonesia Heart Bike 2022 di Sumut juga menggelar beberapa kegiatan seperti periksa kesehatan gratis, senam, talkshow edukasi jantung dengan turut menggandeng Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskuler Indonesia (PERKI) Sumut, dan berlatih untuk bantuan hidup dasar.

Selain itu, kemeriahan acara juga semakin heboh dengan adanya doorprize mulai dari uang tunai hingga sepeda sebagai hadiah utama.

Indonesia Heart Bike 2022 di Sumut ini juga turut didukung oleh Omron Healthcare Indonesia, SariWangi, Blibli, Le Minerale, Mandiri, Columbia Asia Hospital, Hemaviton, Gerak, detikcom dan TransTv.



Simak Video "Edy Rahmayadi Resmikan KPT Parbuluan"
[Gambas:Video 20detik]
(afb/afb)