Medan Banjir Lagi, F-PKS Tagih Janji Kampanye Bobby

Nizar Aldi - detikSumut
Kamis, 18 Agu 2022 22:50 WIB
Banjir
Wali Kota Medan Bobby Nasution saat meninjau banjir hari ini (Farid Achyadi Siregar/detikSumut)
Medan -

Banjir terjadi di sejumlah daerah di Medan hari ini. Berdasarkan catatan BPBD Medan sebanyak 2.248 warga terdampak banjir tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan Syaiful Ramadhan, menagih janji Wali Kota Medan Bobby Nasution saat kampanye dulu. Saat kampanye Bobby berjanji untuk menuntaskan masalah banjir yang kerap terjadi di Kota Medan.

"Memang persoalan banjir ini PR semua walaupun secara signifikan wali kota pernah berjanji pada saat kampanye, ini menjadi acuan penting beliau untuk bisa menuntaskan program banjir yang telah disampaikannya," kata Syaiful Ramadhan, Kamis (18/8/2022).


Syaiful selaku mendorong Wali Kota Medan Bobby Nasution dapat menyelesaikan masalah banjir tersebut. Biarpun tidak mudah, tapi dia menilai harapan tesebut sangat besar mengingat Bobby punya akses ke Kementerian PUPR.

"Intinya saya selaku Ketua Fraksi (PKS) mendorong itu agar Pak Wali bisa menyelesaikan PR-nya di Kota Medan. Memang tidak mudah saya melihat, merasakan juga, tapi harapannya itu sangat besar kepada beliau karena yang kita tahu beliau punya akses ke pusat ke (Kementerian) PUPR," ujarnya.

Dia juga mengungkapkan jika banjir adalah kiriman dari daerah pegunungan ini memang rutin dan sering terjadi. Namun, karena Bobby sudah pernah berjanji untuk menuntaskan masalah banjir ini, maka harus menjadi prioritas utama Pemkot Medan.

"Ini jadi kalau dari sisi sungainya ini banjir kiriman dari gunung dan ini memang rutin dan hal-hal ini sering terjadi, kami pun sering berdiskusi tapi sebagaimana beliau janjikan untuk tuntas maka ini harus jadi prioritas utama," ungkapnya.

Ditambah lagi, kata dia, pembahasan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (P-APBD) Kota Medan Tahun Anggaran 2022 sudah ditandatangani. Dalam P-APBD tersebut terdapat penambahan Rp 200 miliar lebih yang digelontorkan untuk program penanganan banjir.

"Nah kemarin kita telah selesai membahas KUA PPAS, nah untuk perubahan anggaran perubahan P-APBD 2022 Pemkot mengajukan penambahan anggaran untuk Dinas PU. Kami di DPRD karena ini penting untuk masyarakat maka kita oke kan. Artinya jangan sampai anggaran yang digelontorkan tidak nampak, ini untuk program Dinas PU satu diantaranya program banjir drainase dan lain-lain sekitar 200 milyar lebih dalam laporan KUA," sebutnya.

Sehingga Fraksi PKS, kata dia, berharap agar Wali Kota Medan mampu menuntaskan persoalan banjir dengan target dua tahun sesuai dengan yang dijanjikan Bobby Nasution. Pihaknya sendiri kata Syaiful juga terus berusaha untuk mencari solusi, karena masyarakat menanti hal tersebut.

"Kami berharap besar dan kami positif thingking kepada Walkot Medan akan mampu untuk menuntaskan persoalan banjir dalam target dua tahun, berarti 2023. Kami fraksi (PKS) tidak hanya mendorong tapi berupaya mencarikan solusi dengan kolaborasi, ini masyarakat sedang menunggu akan hal itu," tutupnya.



Simak Video "Bobby Nasution ke UMKM Expo 'Medan di Jakarta': Untuk Naikkan Kelas"
[Gambas:Video 20detik]
(afb/afb)