Berita Nasional

Daftar Presiden dan Wakil Presiden dari Masa ke Masa

Tim detikEdu - detikSumut
Rabu, 17 Agu 2022 10:51 WIB
Istana Merdeka Jakarta Pusat
Istana Merdeka (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)
Medan -

Sejak merdeka hingga saat ini, Republik Indonesia telah memiliki tujuh presiden. Untuk memudahkan kerjanya, presiden dibantu oleh seorang wakil presiden.

Awalnya presiden dipilih secara tidak langsung oleh rakyat. Namun, sejak 2004 konstitusi diubah, sehingga presiden dan wakil presiden dipilih langsung oleh rakyat.

Berikut daftar nama presiden dan wakil presiden, dikutip dari laman penelitian Academia.edu dan buku "Jabatan wakil presiden menurut hukum tata negara Indonesia" karya Mochamad Isnaeni Ramdhan.


Daftar presiden yang pernah atau sedang memimpin Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Presiden Soekarno (1945-1967)

Merupakan presiden pertama RI yang sering disebut-sebut sebagai bapak proklamator. Presiden Soekarno memiliki sapaan akrab, yakni Bung Karno.

Lahir pada tanggal 6 Juni 1901 di Blitar, Jawa Timur. Ia menempuh jenjang pendidikan terakhirnya di ITB dan lulus dengan menyandang gelar insinyur.

Selama menjabat, Ir. Soekarno dibantu oleh wakil presiden, yakni Drs. Moh Hatta. Ia lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat pada 12 Agustus 1902.

Sosok Sukarno tak dapat dilepaskan bila bicara kemerdekaan Indonesia. Presiden pertama Indonesia itu juga dikenal memiliki kedekatan dengan sejumlah tokoh duniaSosok Sukarno tak dapat dilepaskan bila bicara kemerdekaan Indonesia. Presiden pertama Indonesia itu juga dikenal memiliki kedekatan dengan sejumlah tokoh dunia Foto: Getty Images

2. Presiden Soeharto (1967-1998)

Lahir pada 8 Juni 1921 di Argomulyo, Yogyakarta, dan merupakan lulusan dari sekolah Bintara di Gombong. Karir militer Soeharto cukup menonjol, ia pun turut berperang dalam melawan penjajah Belanda.

Saat menjabat sebagai presiden, Presiden Soeharto menduduki kursi jabatan presiden paling lama.

Dikarenakan masa jabatan yang begitu lama, presiden Soeharto memiliki beberapa wakil presiden, di antaranya adalah Sri Sultan Hamengkubuwono IX, Adam Malik, Umar Wirahadikusumah, Sudharmono, Try Sutrisno, dan B. J. Habibie.

Potret Presiden Soeharto saat menjabat sebagai presiden pada 1970an.Potret Presiden Soeharto saat menjabat sebagai presiden pada 1970an. Foto: AFP/-

3. BJ Habibie (1998-1999)

Habibie adalah presiden yang sebelumnya menduduki jabatan wakil presiden di masa jabatan presiden Soeharto. Presiden Habibie memimpin negara Indonesia tanpa didampingi seorang wakil presiden.

BJ Habibie tak hanya dikenal sebagai Presiden ke-3 RI, sosoknya pun pernah menjabat Menristek di era Soeharto. Berikut potret Habibie bersama para tokoh dunia.BJ Habibie tak hanya dikenal sebagai Presiden ke-3 RI, sosoknya pun pernah menjabat Menristek di era Soeharto. Berikut potret Habibie bersama para tokoh dunia. Foto: Odd ANDERSEN / AFP

4. Abdurrahman Wahid (1999-2001)

Presiden Abdurrahman Wahid atau yang lebih dikenal dengan Gus Dur adalah presiden yang juga menjadi tokoh dalam organisasi Islam, yakni Nahdlatul Ulama.

Ia dilantik oleh MPR pada 20 Oktober 1999 menjadi presiden didampingi dengan wakilnya, Megawati Soekarno Putri.

Hari ini merupakan 12 tahun wafatnya Presiden RI keempat Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyebut, Gus Dur lebih suka disebut sosok yang humanis daripada pluralis.Hari ini merupakan 12 tahun wafatnya Presiden RI keempat Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyebut, Gus Dur lebih suka disebut sosok yang humanis daripada pluralis. Foto: Istimewa

5. Megawati Soekarno Putri. (2001-2004)

Sama seperti B. J. Habibie, Presiden Megawati juga diangkat dari kursi wakil presiden menjadi presiden. Nama lengkapnya adalah Dyah Permata Megawati Setiawati Soekarno Putri, lahir pada 23 Januari 1946 di kota Yogyakarta.

Ia terpilih presiden pada 23 Juli 2001 untuk menggantikan posisi mantan presiden Abdurrahman Wahid. Wakil presiden yang mendampinginya adalah Hamza Haz.

Screenshot Megawati Soekarnoputri di YouTube SetpresScreenshot Megawati Soekarnoputri di YouTube Setpres Foto: Screenshot Megawati Soekarnoputri di YouTube Setpres

Baca Daftar Presiden dan Wakil Presiden Selanjutnya di Halaman Berikutnya:



Simak Video "2 Konten Kreator TikTok Sukses Cetak Rekor MURI"
[Gambas:Video 20detik]