Urutan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia Lengkap dengan Masa Jabatannya

Hanindita Basmatulhana - detikEdu
Rabu, 17 Agu 2022 07:00 WIB
daftar presiden indonesia
Foto: Daftar presiden indonesia/Urutan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia Lengkap
Jakarta -

Presiden adalah pemimpin negara yang memiliki kekuasaan tertinggi dalam sistem presidensial. Termasuk negara Indonesia yang juga menganut sistem tersebut.

Kata presiden sendiri berasal dari bahasa Latin, yakni Pre yang berarti sebelum dan Sedere berarti menduduki.

Kata presiden secara umum dapat diartikan bahwa presiden adalah kepala negara dari satu negara yang mempunyai sistem pemerintahan republik presidensial, baik dipilih secara langsung oleh rakyat maupun tidak langsung.

Dalam menjalankan tugasnya, seorang presiden dibantu oleh orang lain, yakni wakil presiden. Jabatan wakil presiden berada satu tingkat lebih rendah di bawah presiden.


Pemilihan Presiden Secara Langsung di Indonesia

Terkait dengan pemilihan pemimpin negara di Indonesia, awalnya pemilihan presiden oleh rakyat tidak dilakukan secara langsung.

Namun tidak ada penjelasan sistematik mengenai peralihan sistem demokrasi langsung kepada demokrasi perwakilan. Hal ini merupakan salah satu cacat sistematik Perubahan Undang-undang Dasar 1945, seperti dikutip dari situs resmi Perpustakaan Mahkamah Agung.

Mulai tahun 2004, rakyat Indonesia memilih presiden secara langsung. Pemilihan presiden dilakukan selama lima tahun sekali, dan hingga saat ini negara Indonesia sudah dipimpin oleh 7 orang presiden.

Berikut daftar nama presiden dan wakil presiden, dikutip dari laman penelitian Academia.edu dan buku "Jabatan wakil presiden menurut hukum tata negara Indonesia" karya Mochamad Isnaeni Ramdhan.

Urutan Nama Presiden beserta Masa Jabatannya

Daftar presiden yang pernah atau sedang memimpin Indonesia adalah sebagai berikut:


1. Presiden Soekarno (1945-1967)

Merupakan presiden pertama RI yang sering disebut-sebut sebagai bapak proklamator. Presiden Soekarno memiliki sapaan akrab, yakni Bung Karno.

Lahir pada tanggal 6 Juni 1901 di Blitar, Jawa Timur. Ia menempuh jenjang pendidikan terakhirnya di ITB dan lulus dengan menyandang gelar insinyur.

Selama menjabat, Ir. Soekarno dibantu oleh wakil presiden, yakni Drs. Moh Hatta. Ia lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat pada 12 Agustus 1902.


2. Presiden Soeharto (1967-1998)

Lahir pada 8 Juni 1921 di Argomulyo, Yogyakarta, dan merupakan lulusan dari sekolah Bintara di Gombong. Karir militer Soeharto cukup menonjol, ia pun turut berperang dalam melawan penjajah Belanda.

Saat menjabat sebagai presiden, Presiden Soeharto menduduki kursi jabatan presiden paling lama.

Dikarenakan masa jabatan yang begitu lama, presiden Soeharto memiliki beberapa wakil presiden, di antaranya adalah Sri Sultan Hamengkubuwono IX, Adam Malik, Umar Wirahadikusumah, Sudharmono, Try Sutrisno, dan B. J. Habibie.


3. BJ Habibie (1998-1999)

Habibie adalah presiden yang sebelumnya menduduki jabatan wakil presiden di masa jabatan presiden Soeharto. Presiden Habibie memimpin negara Indonesia tanpa didampingi seorang wakil presiden.


4. Abdurrahman Wahid (1999-2001)

Presiden Abdurrahman Wahid atau yang lebih dikenal dengan Gus Dur adalah presiden yang juga menjadi tokoh dalam organisasi Islam, yakni Nahdlatul Ulama.

Ia dilantik oleh MPR pada 20 Oktober 1999 menjadi presiden didampingi dengan wakilnya, Megawati Soekarno Putri.


5. Megawati Soekarno Putri. (2001-2004)

Sama seperti B. J. Habibie, Presiden Megawati juga diangkat dari kursi wakil presiden menjadi presiden. Nama lengkapnya adalah Dyah Permata Megawati Setiawati Soekarno Putri, lahir pada 23 Januari 1946 di kota Yogyakarta.

Ia terpilih presiden pada 23 Juli 2001 untuk menggantikan posisi mantan presiden Abdurrahman Wahid. Wakil presiden yang mendampinginya adalah Hamza Haz


6. Susilo Bambang Yudhoyono (2004-2014)

Presiden keenam Indonesia akrab dengan sebutan SBY, yang merupakan singkatan dari namanya sendiri. Ia menjadi presiden pertama yang dipilih langsung oleh rakyat.

Terkait dengan latar belakangnya, presiden SBY berkarir di bidang politik dengan menjadi anggota DPR, Menteri Koordinator Bidang Politik, Sosial dan Keamanan (Menko Polsoskam) di tahun 2000-2004. Dalam melaksanakan tugasnya, presiden SBY dibantu oleh M. Jusuf Kalla dan Boediono selaku wakilnya.


7. Joko Widodo (2014-Sekarang)

Presiden Joko Widodo lebih dikenal dengan sebutan Jokowi. Sebelum menjabat sebagai seorang presiden, Jokowi adalah seorang gubernur DKI Jakarta dan juga menjadi walikota Surakarta sejak tahun 2005 hingga 2012. Wakil-wakilnya adalah M Jusuf Kalla dan Ma'ruf Amin.

Nah, itulah daftar urutan nama-nama presiden dan wakil presiden di Indonesia beserta masa jabatannya. Sudah hafal urutannya kan detikers?



Simak Video "Ma'ruf Amin: Kalau Dulu Jihad Menghadapi Musuh, Kini Kita Jihad Ekonomi"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia