Kunjungi Gedung Juang 45, Gubsu Edy Baca Puisi Karya Chairil Anwar

Farid Achyadi Siregar - detikSumut
Selasa, 16 Agu 2022 22:56 WIB
Gubsu Edy Rahmayadi di Gedung Juang 45
Gubsu Edy Rahmayadi di Gedung Juang 45 (Farid/detikSumut)
Medan -

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mengunjungi Gedung Juang 45 di Jalan Pemuda, Kecamatan Medan Maimun untuk mengikuti malam renungan kemerdekaan memperingati HUT-RI ke 77. Di lokasi itu, Edy membacakan puisi karya Chairil Anwar.

Edy membaca puisi karya Chairil Anwar berjudul Diponegoro di depan dewan harian daerah pembudayaan kejuangan 45 Sumatera Utara.

Edy juga menyebut Gedung Juang 45 merupakan sebuah gedung yang sangat bersejarah dan harus tetap dijaga agar bisa disaksikan oleh generasi penerus di Sumatera Utara.


"Gedung ini merupakan tempat sejarah yang harus dijaga untuk masa depan anak anak kita,"ucap Edy.

Sebelum mengunjungi Gedung Juang 45, Edy terlebih dahulu mengikuti Upacara Taptu dan Pawai obor yang dilaksanakan di depan Kantor Gubernur Sumatera Utara.

Dalam upacara itu terlihat Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Utara, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak bertindak sebagai inspektur upacara.

Panca secara resmi memulai pawai dengan menyalakan obor kemudian melepas peserta pawai yang dilakukan dengan rute kantor Gubernur Sumut Jalan Diponegoro hingga Makam Pahlawan Jalan Sisingamangaraja Medan.

Selain Kapolda Sumut, terlihat Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumut.

"Secara resmi Upacara Taptu memperingati HUT RI ke-77, tingkat Provinsi Sumatera Utara telah resmi kami berangkatkan," ucap Panca membuka pawai.



Simak Video "Gubsu Edy: Kalau Jadi Putin, Sudah 3 Tahun Lalu Saya Serang Ukraina"
[Gambas:Video 20detik]
(afb/afb)