Kapolda Riau: Keberagaman Bila Tak Dikelola akan Jadi Bencana

Raja Adil Siregar - detikSumut
Senin, 15 Agu 2022 23:28 WIB
Kapolda Riau, Irjen Mohammad Iqbal menghadiri salah satua acara di Riau. Istimewa
Foto: Kapolda Riau, Irjen Mohammad Iqbal menghadiri salah satua acara di Riau. Istimewa
Pekanbaru -

Kapolda Riau, Irjen Mohammad Iqbal, mengajak pemuda yang tergabung dalam Organisasi Kepemudaan (OKP) Cipayung Plus merawat keberagaman yang menjadi jati diri Indonesia. Iqbal menegaskan keberagaman yang tak dijaga dengan baik akan menimbulkan polarisasi, yang berujung pada bencana perpecahan.

"Tantangan bagi kita, apabila kita tidak bisa mengelola keberagaman ini, kekayaan ini dapat menjadi polarisasi, menjadi suatu bencana apalagi ke depan. Bonus demografi yang ada di republik ini sangat luar biasa," kata Iqbal saat menghadiri peluncuran Rumah Kebangsaan OKP Cipayung Plus Riau, Pekanbaru, Riau, Senin (15/8/2022).

Iqbal menyampaikan, segala dinamika yang terjadi dapat diselesaikan bila adanya kebersamaan. "Dengan kebersamaan, insyaallah kalau kita bersama, kita akan dapat menyelesaikan semua permasalahan semua dinamika yang ada," imbuh Iqbal.


Dia lalu menekankan polisi pun membutuhkan kebersamaan dengan kelompok pemuda serta mahasiswa untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat. Dia berharap para pemuda di OKP Cipayung Plus dapat saling memberi masukan dan menyampaikan gagasan agar Riau semakin aman dan maju.

"Saya hanya berkepentingan bahwa adik-adik saya dorong untuk membantu kami tugas-tugas kepolisian untuk memelihara keamanan, ketertiban masyarakat. Sehingga adik-adik mampu dengan semua kiprahnya untuk menyampaikan visi dan misi organisasi Cipayung Plus," jelas Iqbal.

Dia menegaskan polisi tak bisa hanya sendirian dalam menjaga kamtibmas. Polisi memerlukan para pemuda yang memiliki pemikiran revolusioner untuk maksimal mengamankan wilayah hukumnya.

"Saya yakin dan percaya polisi tidak bisa bekerja sendiri. Untuk itu polisi merangkul pemuda-pemuda, karena pemuda memiliki pikiran revolusioner dan inysallah ke depannya akan ditunjukkan," pungkas Iqbal.



Simak Video "Polda Riau Bongkar Aktivitas Illegal Logging di Giam Siak Kecil"
[Gambas:Video 20detik]
(ras/bpa)