Pemkot Medan Hancurkan Tugu Depan Kantor Pos, Ini Alasannya

Nizar Aldi - detikSumut
Senin, 15 Agu 2022 19:31 WIB
Tugu di depan Kantor Pos Medan dihancurkan (Foto: Istimewa)
Tugu di depan Kantor Pos Medan dihancurkan (Foto: Istimewa)
Medan -

Pemerintah Kota Medan menghancurkan tugu yang berada persis di depan Kantor Pos. Tugu tersebut kerap disebut oleh warga sebagai tugu titik nol Kota Medan dan dianggap sebagai bangunan heritage.

Wali Kota Medan Bobby Nasution mengatakan tugu tersebut bukan benda warisan bersejarah (heritage). Ada pun yang menjadi heritage, kata dia, adalah bangunan Kantor Pos yang ada saat ini.

"(Tugu itu) bukan heritage, kalau nol kilometer-nya heritage, heritage itu adalah kantor pos, masa dalam heritage ada lambang Bank Sumut (di tugu depan Kantor Pos), emang Bank Sumut udah lebih tua daripada kota Medan?," kata Bobby Nasution, Senin (15/8/2022).


Bobby mengklaim sudah mendata semua bangunan heritage yang terdapat di Kota Medan. Dan berdasarkan data mereka titik nol bukan berada di tugu tersebut, namun di bangunan Kantor Pos saat ini.

"Yang heritage itu sudah kita data ya, semua bangunan heritage di Kota Medan walaupun bukan aset Pemkot Medan itu sudah kita data semua, di situ titik nol Kota Medan di bangun Kantor Pos, ada Kantor Pos nya sekarang," ujarnya.

Bobby menyebutkan bahwa dulu memang ada tugu, akan tetapi ukurannya bukan sebesar saat ini. Dan dia menegaskan kembali tugu tersebut bukan titik nol dan titik nol tersebut berada di gedung Kantor Pos.

"(Dulu) di situ memang bukan tugu yang sebesar itu, bukan tugu di situ tapi memang titik nol di situ (Kantor Pos)," sebutnya.

Pembongkaran tugu tersebut kata Bobby merupakan bagian dari revitalisasi Lapangan Merdeka Medan. Nantinya di tugu tersebut tetap akan dibangun tugu kembali, bukan menghilangkan keberadaan tugu di lokasi tersebut.

"Termasuk (revitalisasi Lapangan Merdeka Medan), (nanti dibangun) tugu lagi, itu memang kita jadikan tugu lagi, bukan dihancurin diganti dengan jalan, nggak," ungkapnya.

Bobby menjelaskan tugu tersebut akan direkonstruksi ke wujud awalnya. Karena menurutnya jika itu heritage maka tugu nya harus kecil seperti yang dulu.

"Justru tugu nya nanti kita buat seperti tugu seperti pertama kali dibuat, justru kalau dibilang heritage dulu tugu nya kecil, emang senter doraemon dibesarin," jelasnya.

Keberadaan tugu kecil tersebut dahulunya kata dia hanya sebagai penanda dan tidak sebesar tugu saat ini.

"Jadi dulu tugu nya kecil hanya penanda saja, bukan tugu yang sebesar itu," tutupnya.



Simak Video "Bobby Nasution ke UMKM Expo 'Medan di Jakarta': Untuk Naikkan Kelas"
[Gambas:Video 20detik]
(astj/astj)