Riau

PLN Imbau Tak Pasang Bendera dan Umbul-Umbul Dekat Jaringan Listrik

Raja Adil Siregar - detikSumut
Rabu, 10 Agu 2022 12:11 WIB
Umbul-umbul dipasang dekat tiang listrik.
Umbul-umbul dipasang dekat tiang listrik. (Foto: Raja Adil Siregar/detikSumut)
Pekanbaru -

Euforia Dirgahayu Republik Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus mendatang mulai terlihat di seluruh titik di Kota Pekanbaru. Kantor-kantor pemerintah dan swasta mulai berhias dengan tema Hari Kemerdekaan.

Jalanan dijejali dengan bendera Merah Putih dan umbul-umbul warna warni. Namun euforia itu bisa berujung petaka jika pemasangan bendera atau umbul-umbul terlalu dekat dengan jaringan listrik.

Manager PT PLN (Persero) UP3 Pekanbaru Wira Bhakti Darma mengatakan berbahaya bila bendera, spanduk, baliho dan pernak-pernik 17 Agustus dipasang tanpa melihat jarak aman. Sebab jarak aman yang bebas minimal 3 meter dari jaringan listrik.


"PLN terus berupaya menjaga kehandalan dan keamanan pasokan listrik dengan gencar melaksanakan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Termasuk soal itu (jarak aman pasang bendera dan umbul-umbul)," terang Wira di Pekanbaru, Rabu (10/8/2022).

Menjaga jarak aman pada jaringan listrik menjadi salah satu upaya mewujudkan kondisi pasokan listrik yang handal dan aman bagi masyarakat. Termasuk menjaga potensi bahaya listrik bagi masyarakat dan makhluk hidup lainnya, terutama di momen kemeriahan di bulan kemerdekaan ini.

"Kami mengingatkan agar masyarakat juga selalu memperhatikan jarak aman. Memasang pernak pernik hiasan terlalu dekat jaringan listrik akan menimbulkan potensi bahaya listrik yang berdampak buruk," kata Wira.

Selain membahayakan masyarakat sekitar dan yang melintas, hal itu dinilai dapat menyebabkan terganggu pasokan listrik. Termasuk baliho yang mengenai jaringan listrik dapat menyebabkan korsleting sehingga listrik padam.

Untuk pencegahan langsung di lapangan, PLN bahkan akan menerjunkan tim guna melakukan inspeksi. Jika ada pemasangan yang membahayakan, dipastikan segera ditertibkan.

"Jika ditemukan potensi bahaya, kami akan ambil tindakan penertiban dan edukasi kepada masyarakat terkait," kata Wira.

Secara rutin, PLN sendiri terus melakukan berbagai upaya untuk pemeliharaan rutin baik di Gardu Distribusi, Pemerataan Beban Trafo, serta pengamanan jaringan dengan pemangkasan pohon setiap hari yang dekat dengan jaringan listrik ataupun yang akan menyentuh jaringan listrik melalui program line distancing. Termasuk dalam menyiagakan petugas agar recovery pemulihan bisa dapat segera dilakukan.

"Upaya ini sebagai langkah kami menjaga pasokan listrik tetap handal saat masyarakat memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Untuk mencegah berbagai hal tidak diinginkan, mari jaga jaringan listrik demi keamanan dan kenyamanan bersama. Apabila ada yang melakukan tindakan membahayakan jaringan listrik maka peringatkan, hentikan, dan laporkan melalui Aplikasi PLN Mobile atau contact center PLN 123," tutup Wira.



Simak Video "Rezeki Nomplok Bagi Perajin Bendera Merah Putih Jelang HUT RI"
[Gambas:Video 20detik]
(dpw/dpw)