Riau

Jangan Salah, Ini Arti Warna Umbul-umbul Khas Riau untuk 17 Agustus

Raja Adil Siregar - detikSumut
Senin, 08 Agu 2022 11:21 WIB
Umbul-umbul warna warni di Pekanbaru, Riau.
Umbul-umbul warna warni di Pekanbaru, Riau. (Foto: Raja Adil Siregar/detikSumut)
Pekanbaru -

Bagi sebagian masyarakat di Indonesia, memasang umbul-umbul saat HUT RI pada 17 Agustus seperti telah menjadi tradisi. Tetapi tahukah kamu kalau di Riau ada warna umbul-umbul khusus untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan?

Jika mengelilingi Kota Pekanbaru, terlihat umbul-umbul dan bendera merah putih sudah mulai berkibar. Namun warna yang banyak dipakai untuk umbul-umbul adalah merah, kuning dan hijau.

Penggunaan warna tersebut bukan tanpa alasan. Ketiga warna itu ternyata menjadi warna khas Bumi Lancang Kuning sejak jaman dahulu.


"Kalau warna umbul-umbul ada beberapa pilihan kami jual. Tapi yang paling banyak dibeli warna merah, kuning dan hijau," ujar pedagang umbul-umbul di Jalan Jenderal Sudirman, Syarifah, Senin (8/8/2022).

Ketiga warna itu dibeli oleh masyarakat dan pejabat pemerintahan. Alasannya, karena jadi warna khas untuk dipasang di kantor pemerintahan, BUMD, dan pusat-pusat perayaan 17 Agustus.

"Warna merah, kuning sama hijau banyak dibeli orang dari pemerintahan," katanya.

Tim detikSumut kemudian menelusuri alasan banyak umbul-umbul menggunakan tiga warna tersebut. Ternyata ketiga warna itu punya nilai sejarah dan menjadi budaya di Bumi Lancang Kuning.

Hal itu diungkap budayawan asal Riau, OK Nizami Jamil. OK menilai ada makna dari setiap warna yang menjadi warna khas itu.

OK menyebut merah adalah lambang dari kekuatan nelayan. Sementara untuk warna kuning adalah lambang sultan.

"Kuning adalah warna menandakan sultan. Sekarang kuning dipakai partai, ada tukang sapu jalan juga. Dulu tidak boleh itu pakai kuning, yang pakai kuning itu hanya sultan," ujar pria berusia 85 tahun kelahiran Siak Sri Indrapura tersebut.

Selain kuning, ada pula warna hijau yang identik dengan kehidupan masyarakat di Riau. Masyarakat Riau adalah Melayu dan beragama Islam.

"Maka itu bendera di Riau, bendera Melayu itu merah, kuning dan hijau lumut atau tua. Ada merah arti kekuatan nelayan, kuning kerajaan atau pemerintahan dan hijau itu rakyat yang beragama islam karena jaman kerajaan Melayu itu umumnya islam," ucap OK.

Umbul-umbul warna warni di Pekanbaru, Riau.Umbul-umbul warna warni di Pekanbaru, Riau. Foto: Raja Adil Siregar/detikSumut

Warna-warna itu berbeda dengan di daerah Minangkabau, Sumatera Barat. Di Minangkabau, warna khasnya yakni merah, kuning dan hitam.

Jadi sudah tahu kenapa harus pakai warna merah, kuning dan hijau? Yuk jangan lupa pasang umbul-umbul dan bendera Merah Putih menjelang 17 Agustus ya.



Simak Video "Rezeki Nomplok Bagi Perajin Bendera Merah Putih Jelang HUT RI"
[Gambas:Video 20detik]
(ras/dpw)