Round Up

Menerka Maksud Mahfud soal Motif Sensitif Sambo Habisi Brigadir J

Tim detikSumut - detikSumut
Rabu, 10 Agu 2022 09:33 WIB
Ilustrasi detikX terkait Ferdy Sambo
Foto: Edi Wahyono/detikX
Medan -

Irjen Ferdy Sambo ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yoshua Hutabarat. Soal motif Sambo tega memerintahkan anak buahnya Bharada E alias Richard Eliezer menembak Brigadir J hingga tewas masih belum terungkap, bahkan disebut motif itu hanya boleh diketahui orang dewas.

Menko Polhukam Mahfud Md yang mengungkap bahwa motif Sambo ingin membunuh Brigadir J anak buahnya sendiri, tidak bisa didengar semua orang. Hanya orang dewasa yang dia sebut boleh mengetahui motif itu..

"Soal motif biar nanti dikonstruksi hukumnya karena itu sensitif," ujarnya dikutip dari detikNews, Selasa (9/8/2022).


Sayangnya dia tidak menjelaskan lebih jauh mengenai narasi sensitif itu. Eks Ketua MK itu justru menyebut motif Ferdy Sambo memerintahkan bawahannya membunuh Brigadir J tidak bisa diketahui semua orang.

"Mungkin hanya boleh didengar oleh orang-orang dewasa," tegasnya.

Dia pun mengatakan konstruksi hukum penanganan kasus Brigadir J masih disusun oleh Timsus Polri.

"Biar nanti dikonstruksi motifnya," tuturnya.

Di tempat terpisah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga belum menungkap secara detail motif Irjen Ferdy Sambo memerintahkan Bharada E menembak Brigadir J hingga tewas.

Kapolri mengatakan motifnya masih didalami oleh penyidik dari timsus. "Motif atau pemicu terjadinya peristiwa penembakan tersebut saat ini tentunya sedang dilakukan pemeriksaan dan pendalaman terhadap saksi-saksi, termasuk Ibu PC," kata Sigit dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (9/8).

Sigit juga mengungkapkan fakta baru mengenai kasus Brigadir J. Tak ada peristiwa tembak-menembak dalam insiden di rumah Sambo itu.

"Tidak ditemukan fakta peristiwa tembak-menembak seperti yang dilaporkan," ujar Sigit.

Di awal kemunculan kasus Brigdir J Polri menarasikan Brigadir J melakukan pelecehan seksual terhadap Putri Candrawati, istri Irjen Ferdy Sambo. Pelecahan itu juga disebut mengakibatkan insiden baku tembak antara Bharada E dan Brigadir J. Narasi itu kemudian terbantahkan.



Simak Video "Babak Baru Tewasnya Brigadir Yoshua, Pihak Keluarga Sebut Ada Tersangka"
[Gambas:Video 20detik]
(astj/astj)