Lampung

Bayi Gajah Sumatera Lahir di Lembaga Konservasi Bandar Lampung

Tommy Saputra - detikSumut
Senin, 08 Agu 2022 20:12 WIB
Bandar Lampung -

Seekor anak gajah Sumatera berkelamin jantan lahir di Lembaga Konservasi Lembah Hijau, Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung. Bayi gajah itu lahir dalam keadaan sehat dari induk jantan bernama Aris (26) dan betina Mega (25).

Bayi gajah yang belum diberi nama itu lahir dengan lingkar dada 109 cm, tinggi badan 86 cm, berat badan 102 cm, panjang badan 111 cm, panjang ekor 59 cm serta panjang belalai 33 cm.

Komisaris Lembah Hijau, Irwan Nasution mengatakan kelahiran ini merupakan yang pertama di Taman Satwa Lembah Hijau Lampung. "Sejak enam tahun lalu kami diberikan kepercayaan oleh pemerintah mengurusi gajah-gajah ini. Ini kelahiran dari Indukan "Aris" Gajah Sumatera dan Induk betinanya "Mega" ini sudah lahir dengan sehat kemarin," katanya, Senin (8/8/2022).


Dia berharap bayi gajah ini bisa berkembang dengan sehat. Irwan pun mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mempercayai lembah hijau sebagai tempat bagi para gajah.

"Ini merupakan kado terindah bagi kami, terlebih saat ini bulan Agustus yang dimana kita akan memperingati HUT RI ke 77," jelasnya.

Saat ini tim pengawas masih terus melakukan pemantauan terhadap anak gajah serta induknya untuk memastikan kesehatannya.

Rasid, selaku tim medis Lembaga Konservasi Lembah Hijau mengatakan bahwa proses kehamilan induknya lebih lama dari normalnya kehamilan gajah.

"Kami melakukan pemantauan setiap harinya selama 24 jam. Pemantauan sendiri dilakukan hingga anak gajah bisa menyusu sendiri. Proses kehamilan ini lebih lama dari kebanyakan gajah lainnya yakni 22 bulan, normalnya kan 19 bulan," terangnya.

(astj/astj)