Riau

Gajah Hamil Ditemukan Mati di Bengkalis, Polisi Duga Diracun

Raja Adil Siregar - detikSumut
Jumat, 27 Mei 2022 13:27 WIB
Gajah liar ditemukan mati di Bengkalis, Riau.
Gajah liar ditemukan mati di Bengkalis, Riau. (Foto: Istimewa)
Pekanbaru -

Polisi mengusut kasus gajah sumatera yang sedang hamil ditemukan mati di Bengkalis, Riau. Dugaan awal, gajah itu mati karena diracun.

"Kami sedang dalami soal dugaan diracun itu. Ada dugaan gajah mati diracun," tegas Kapolres Bengkalis AKBP Indra Wijadmiko, Jumat (27/5/2022).

Dalam mengusut kasus tersebut, Indra kini menunggu hasil pemeriksaan laboratorium dari sampel yang diambil tim Balai BKSDA Riau. Jika terbukti diracun, dia memastikan mengusut pelaku sampai tuntas.


"Kami tunggu hasil laboratorium. Kalau ini benar diracun kami kejar sampai tuntas si pelaku, kita sangat prihatin melihat kasus ini. Bukan hanya induk saja, tapi bayi yang sudah mau lahir juga mati," kata Indra.

Terkait insiden tersebut, Indra minta agar masyarakat tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum. Apalagi, gajah adalah habitat asli sumatera yang dilindungi oleh undang-undang.

Diketahui, seekor gajah ditemukan mati di dalam kawasan konsesi akasia PT Arara Abadi, Bengkalis. Gajah betina mati dengan kondisi memprihatinkan dengan mulut mengeluarkan darah.

Kapolsek Pinggir, Kompol Maitertika mengatakan gajah pertama kali ditemukan seorang pekerja. Di mana ada informasi dari seorang pekerja melihat gajah tertidur pada Selasa (24/5).

"Ada pekerja yang tidak ketahui namanya di KM 9 Koto Pait mengatakan ada gajah yang posisinya tertidur dari Selasa pagi. Di mana saat itu saksi akan pulang," terang Maitertika kemarin.

Selanjutnya informasi itu disampaikan ke Pamusuk Siregar, petugas BKSDA yang saat itu tengah melaksanakan patroli rutin. Kemudian tim melakukan penyisiran di sekitar lokasi guna mengetahui penyebab gajah mati.

Hasil pemeriksaan awal, terlihat gajah mati dengan posisi mulut mengeluarkan darah. Bahkan dari tubuh gajah sudah mengeluarkan bau busuk.

Setelah bangkai gajah dibedah, terungkap gajah betina mati dalam kondisu hamil tua. Terlihat anak gajah juga sudah mati dalam perut dan menghitam.

"Saat dilakukan nekropsi diketahui bahwa gajah dalam kondisi mengandung dan akan segera melahirkan anaknya. Tim lalu mengambil sample hati, dinding usus, paru, dan kotoran gajah untuk uji laboratorium," kata Plt Kepala BBKSDA Riau, Fifin Arfiana.



Simak Video "Bayi Gajah Sumatera Pertama yang Lahir di Lembaga Konservasi Lampung"
[Gambas:Video 20detik]
(ras/dpw)