Gubsu Edy Kagum Ceramah UAS Dihadiri Ribuan Masyarakat Langkat

Tim detikSumut - detikSumut
Minggu, 07 Agu 2022 15:00 WIB
Gubernur Edy bersama Ustaz Abdul Somad
Gubernur Edy bersama Ustaz Abdul Somad (Istimewa)
Medan -

Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi menghadiri acara Tabligh Akbar yang diisi Ustaz Abdul Somad (UAS) di Pangkalan Susu, Langkat. Dalam acara itu, Edy mengaku kagum ceramah UAS dihadiri ribuan orang.

"Luar biasa antusias masyarakat menyambut Ustaz Abdul Somad di sini. Sama seperti saya yang jauh-jauh datang dari Medan untuk mendapat tausiyah dari Ustaz Abdul Somad," kata Edy Rahmayadi dalam keterangannya, Minggu (7/8/2022).

Kegiatan itu digelar pada Sabtu (6/7) malam. Selain Edy, pada acara Tabligh Akbar yang diisi UAS itu juga dihadiri Plt Bupati Langkat Syah Afandin.


Edy kemudian menyampaikan harapannya agar masyarakat Langkat tetap menjaga keamanan dan ketentraman.

"Tempat ini aman, damai, tentram. Begitu banyak kita berkumpul di sini, kalau dari laporan ketua panitia tadi sekitar 10 ribu dan acara ini berlangsung lancar. Tetap jaga itu, tetap pertahankan," ucap Edy.

Dalam acara itu, UAS memberikan penjelasan alasan Kesultanan Langkat disebut Darul Aman. UAS mengatakan hal itu karena Kesultanan Langkat membuat daerah itu menjadi aman.

"Darul artinya rumah dan aman artinya aman, karena tempat ini memang aman dan damai. Kenapa? Tempat ini masih menjaga adat istiadat, tata krama, adat istiadat yang sejalan dengan syariat makanya sampai sekarang masih aman dan tentram," ucap UAS.

Abdul Somad menyebut soal keamanan ini harus dijaga. Salah satu menjaganya adalah dengan didikan orang tua kepada anaknya.

"Berbudaya itu diturunkan dari orang tua, dari kebiasaan kita, tak bisa dua tiga bulan jadi itu tata krama dan sopan santun. Kalau orang tua membiarkan anaknya tak berbudaya, hilang sopan santun, tak tau tata kerama hancurlah kita," ucap UAS.



Simak Video "Cerita Gubsu Edy Ngaku Pernah 'Pakai' Narkoba Jenis Kokain"
[Gambas:Video 20detik]
(afb/afb)