Rapat dengan Wapres, Gubsu Edy Minta APBN untuk Tangani Stunting

Tim detikSumut - detikSumut
Kamis, 04 Agu 2022 21:35 WIB
Gubsu Edy saat bertemu dengan Wapres Maruf Amin
Gubsu Edy saat bertemu dengan Wapres Ma'ruf Amin (Istimewa)
Medan -

Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi mengikuti rapat penanganan stunting bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Dalam rapat itu, Edy meminta bantuan penanganan stunting menggunakan APBN.

Rapat itu digelar Istana Wakil Presiden, Jakarta, pada Kamis (4/8/2022). Edy awalnya memaparkan penanganan stunting di Sumut ke Ma'ruf Amin.

Dalam paparannya, Edy mengatakan pihaknya menjadikan kegiatan percepatan stunting di Sumut sebagai salah satu Kegiatan Strategis Daerah (KSD) yang didukung dengan pembiayaan APBD. Kemudian, Edy mengatakan telah membentuk Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) di Sumut.


Setelah itu, Edy juga menjelaskan soal kelompok kerja (pokja) percepatan penurunan angka kematian ibu dan bayi baru lahir.

"Kami juga memiliki inovasi dalam penyediaan makanan tambahan bagi balita kurus dengan bahan baku daun kelor, bekerja sama dengan UMKM dan bersumber APBD tahun 2022," kata Edy dalam keterangan tertulis.

Saat ini balita yang terkena stunting di Sumut berjumlah 347.437 orang. Edy mengatakan penurunan angka stunting ini memiliki banyak kendala, seperti pandemi virus Corona, perubahan perilaku masyarakat, dan sejumlah hal lainnya.

Untuk itu, dia meminta semua pihak untuk ikut membantu dalam rangka menurunkan angka stunting ini. Dia juga berharap bantuan dana dari APBN untuk mengatasi angka stunting di Sumut.

"Kami juga mengharapkan dukungan APBN, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk penyediaan alat surveilans gizi, sanitarian kit, serta makanan tambahan bagi ibu hamil kurang energi kronis dan balita kurus," jelasnya.



Simak Video "Gubsu Edy: Kalau Jadi Putin, Sudah 3 Tahun Lalu Saya Serang Ukraina"
[Gambas:Video 20detik]
(afb/afb)