Kejurnas Rally

Rally Jadi Lebih Menantang Usai Trek di Huta Tonga Dibuka

Tim detikSumut - detikSumut
Sabtu, 06 Agu 2022 07:41 WIB
Kejurnas Rally di Danau Toba
Kejurnas Rally di Danau Toba (Istimewa)
Simalungun -

Trek pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Rally di Danau Toba diubah, menjadi masuk ke wilayah Huta Tonga, Simalungun, Sumatera Utara. Akibatnya, rally ini semakin menantang.

"Tahun ini treknya lebih menantang," kata Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekhshah (Ijeck) yang juga peserta rally dalam keterangan yang diterima detikSumut, Sabtu (6/8/2022).

Dalam rally ini, Ijeck menunggangi Subaru WRX. Ijeck yang dijuluki Sang Flamboyan mengaku sudah siap bersaing meski ada perubahan trek ini.


"Treknya semakin menantang, panitia membuka lagi daerah sebelah kanan yaitu Huta Tonga yang dulu saat kejuaraan dunia reli dipakai sebagai special stage. Karakter lintasan di Huta Tonga dan Gorbus cukup berbeda baik itu tanjakan dan turunan serta karakter tanahnya," sebut Ijeck.

Kembali soal trek baru, Ijeck mengatakan hal ini membuat balapan tidak menjadi monoton. Selain itu, trek baru ini menurut Ijeck berguna agar pembalap yang sudah pernah ikut kegiatan ini tidak diuntungkan.

"Jadi nggak hanya menguntungkan peserta yang sudah pernah ikut. Jadi semua sama-sama merasakan trek baru," tuturnya.

Juara Sprint Rally seri 1 dan 2, Ryan Nirwan juga mengaku siap bersaing. Ryan mengatakan dirinya siap bersaing meski mobilnya baru saja tiba.

"Sebenarnya mobil kita baru sampai Juli kemarin. Nggak bisa terlalu banyak. Seminggu kemudian balapan di Malang. Pastinya kita target yang terbaik. Walaupun kita tahu ada para jagoan reli. Bakal ketat tapi kita akan berusaha semaksimal mungkin," ucapnya.

Sementara itu, pimpinan perlombaan Ahmad Syauki mengaku trek diubah agar jumlah total jarak memenuhi persyaratan untuk gelaran APRC.

"Benar dilenarkan ke Huta Tonga yang pernah dipakai di WRC 1996-1997 dan ini kita ubah juga sekaligus untuk memenuhi syarat gelaran APRC," tutupnya.



Simak Video "Jokowi Resmikan 7 Pelabuhan & Empat KMP di Kawasan Danau Toba"
[Gambas:Video 20detik]
(afb/afb)