Pelaku Penipu Bocah Penjual Kerupuk Memiliki Banyak Uang Palsu

Tommy Saputra - detikSumut
Jumat, 29 Jul 2022 23:54 WIB
Darwin Jordan Win saat ditemui detiksumut. (Tommy Saputra/detikSumut)
Foto: Darwin Jordan Win saat ditemui detiksumut. (Tommy Saputra/detikSumut)
Bandar Lampung -

Bocah yang viral karena tertipu seorang pembeli yang membeli keripik dagangannya menggunakan uang palsu diketahui bernama Darwin Jordan Win.

Dia merupakan pelajar di SD Negeri IV Kota Karang, Teluk Betung Timur, Bandar Lampung.

Tim detiksumut berhasil menemui Darwin yang masih berusia 10 tahun ditempat dirinya mengambil dagangan keripiknya di Sebuah Rumah Makan di Jalan Gatot Subroto, Enggal, Bandar Lampung.


Disana dia menceritakan kronologis seorang pembeli yang dikatakan nya pria berumur. Pria tersebut membeli 2 bungkus kripik dengan harga 30 ribu.

"Saya jalan di wilayah Rajabasa terus dia manggil, dek sini dek sambil duduk diatas motor. Waktu beli dia celingak-celinguk kaya lihat daerah sekitar, terus nanya berapaan. Lalu keluarin duit dari kantongnya banyak 100 ribuan semua terus dikasih selembar, buru-buru minta kembalian langsung pergi," kata Darwin.

Usai menerima uang tersebut, dirinya merasa bahwa uang itu merupakan uang palsu karena ada tempelan lakban serta kertasnya tebal.

"Terus aku nanya ke warung, iya uang palsu ini kata yang punya warung," terang dia.

Dirinya menuturkan kaget saat tahu bahwa uang yang diterimanya palsu, beruntung kata dia ada seseorang yang memberinya uang untuk ongkos pulang.

"Udah gak ada uang lagi, untung ada yang kasih buat pulang naik angkot," ujar Darwin.

Bocah ini juga menceritakan kenapa dirinya memilih untuk berdagang diselah-selah kesibukan sekolah, padahal anak seusianya tengah asik-asiknya bermain.

"Buat bantu keuangan, bayar kontrakan rumah juga karena ibu sendiri yang cari uang. Ibu dagang kopi di pinggir jalan," ucap dia.

Sementara, sang Ibu bernama Yanti (40) mengatakan bahwa berdagang merupakan kemauan dari Darwin sendiri.

"Dia mau dagang, saya sempat nanya kenapa mau dagang. Dia jawab buat cari uang buat bantu ibu. Saya cuma kasih pesan daganglah yang benar, yang jujur," kata Yanti.

Sebelumnya, Video seorang bocah pedagang kerupuk ditipu dengan uang palsu viral di media sosial. Bocah itu ditipu oleh orang yang membeli barang dagangannya.

Dilihat detikSumut Jumat (29/7/2022) di video itu terlihat seorang anak kecil yang memakai baju salah satu klub sepakbola. Raut wajah bocah itu tampak kebingungan karena mendapatkan Rp 100 ribu uang palsu dari salah satu pembelinya.

Polisi pun sudah mengetahui keberadaan video viral itu dan langsung mencari bocah yang menjadi korban penipuan uang palsu itu.

Kasat Reskrim Polresta Bandar Lampung, Kompol Dennis Arya Putra mengatakan bahwa pihaknya tengah mencari tahu keberadaan sang anak.

"Iya kami sudah mendapatkan informasi terkait video itu, masih kami selidiki. Dari Polsek juga sudah bergerak untuk mencari keberadaan anak tersebut," katanya saat dihubungi, Jumat (29/07/2022).



Simak Video "Pilu Bocah Penjual Keripik di Lampung, Ditipu Pembeli Pakai Uang Palsu"
[Gambas:Video 20detik]
(bpa/bpa)